background img

DAK AKAN DIPRIORITASKAN BANGUN SEKOLAH BARU

10 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana merealisasikan pembangunan dua sekolah baru pada tahun 2022 mendatang.

Kedua sekolah itu yakni SD-SMP terpadu di kawasan Balikpapan Regency di Kecamatan Balikpapan Selatan dengan anggaran mencapai sekitar Rp 40 miliar dan SMP yang ada di pemukiman atas air di Kecamatan Balikpapan Barat sekitar Rp 49 miliar.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, khusus untuk SMP di Kecamatan Balikpapan Barat saat ini telah dimulai proses lelangnya untuk menentukan kontraktor yang akan mengerjakan proyek pembangunan sekolah baru tersebut.
Hal ini dilakukan agar target pembangunan SMP di Kecamatan Balikpapan Barat tersebut dapat mulai dilaksanakan pada Januari Tahun 2022 mendatang. Sehingga target untuk merealisasikan pembangunan SMP di Kecamatan Balikpapan Barat tersebut dapat terlaksana pada akhir tahun 2022.
“Untuk SMP keluaran barat kan sudah mulai dilelang dan pelaksanaannya akan dimulai nanti di awal Januari tahun nanti. Makanya kita lelangnya di awal tahun, supaya bisa diselesaikan di akhir tahun. Total Anggarannya Rp 49 miliar,” kata Muhaimin kepada wartawan, Jumat (18/12).
Dana sebesar Rp 49 miliar yang dipergunakan dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan Tahun 2022.
Sedangkan untuk rencana pembangunan sekolah terpadu SD-SMP di Kecamatan Balikpapan Selatan, pemerintah kota berencana akan mempergunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.
Menurut Muhaimin, berbeda dengan aturan sebelumnya, penggunaan DAK tidak hanya difokuskan pada pelaksanaan perbaikan namun juga diperbolehkan untuk membangun sekolah baru.
“Kalau aturan yang lama itu dana DAK itu hanya digunakan untuk rehab tapi untuk tahun ini itu dan hanya diperbolehkan dipergunakan untuk rehab dan RAB. Jadi bisa mengurangi besaran anggaran yang dialokasikan dari APBD,” ujarnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.