background img

CURI HP DI 5 TKP, PENGANGGURAN DIRINGKUS

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Masalah ekonomi terkadang membuat banyak orang nekat melakukan aksi-aksi kriminalitas. Contohnya, seperti yang dilakukan seorang pria berinisial HS (44), yang nekat melakukan aksi pencurian handphone (HP).

Akibat ulah nekatnya, pria pengangguran itu kini harus berurusan dengan aparat penegak hukum. Ia diringkus jajaran Satreskrim Polsek Balikpapan Utara belum lama ini untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolsek Balikpapan Utara Kompol Danang Aries Susanto menjelaskan, terungkapnya kasus ini berawal dari pihaknya yang mendapatkan lima laporan polisi terkait pencurian handphone pada akhir Mei 2021 lalu.

Setelah dilakukan penyelidikan, akhirnya didapatkan ciri-ciri pelaku dari hasil rekaman Closed Circuit Television (CCTV) tempatnya melakukan aksi kejahatan. Setelahnya, jajaran Satreskrim Polsek Balikpapan Utara bergerak melakukan penangkapan.

“Terungkapnya karena pada saat dia (pelaku) melakukan aksinya itu terekam CCTV. Berbekal itu kita lakukan penyelidikan, dan tangkap tersangka,” kata Kompol Danang kepada wartawan saat pers rilis, Kamis (10/6) sore kemarin.

Pelaku diamankan tanpa perlawanan saat sedang beristirahat di rumahnya di kawasan Gunung Guntur, Balikpapan Tengah. Ia mengakui telah melakukan aksi pencurian di lima TKP sesuai dengan laporan yang diterima jajaran Polsek Balikpapan Utara.

“Pelaku mengakui aksi pencurian handphone di lima TKP. Ada di Balikpapan Selatan, Utara dan juga Tengah,” ujarnya.

Selain tersangka, petugas mengamankan barang bukti handphone hasil kejahatannya. Namun, dari lima TKP itu hanya dua barang bukti yang berhasil disita petugas. Selebihnya telah dijual oleh tersangka.

“Barang bukti ada tujuh. Dua yang berhasil kita amankan. Sedangkan lima di antaranya sudah dijual secara online lewat facebook oleh pelaku. Hasil penjualan untuk kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku diketahui jika menggunakan modus berpura-pura membeli di warung. Kemudian ia membuat penjaga warung sesibuk mungkin. Saat lengah, ia langsung beraksi.

“Sasarannya memang warung. Ia pura-pura beli. Kemudian pesan barang. Jadi dibuat sibuk penjaga warungnya. Saat lengah ia langsung beraksi dan kabur menggunakan sepeda motor,” jelas Kompol Danang.

Kini pelaku ditahan di Polsek Balikpapan Utara untuk menjalani proses hukum. Meski demikian, Polisi tetap melakukan pengembangan lebih lanjut terkait dugaan adanya TKP lain. “Dugaan TKP lain masih dikembangkan. Saking banyaknya pelaku ini lupa juga,” ucapnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 JO 65 KUHP dengam ancaman paling lama tujuh tahun kurungan penjara.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *