background img

CURI 7 MOTOR, TIGA PENGANGGURAN DIBEKUK

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Tiga orang komplotan pencuri sepeda motor atau curanmor di Kota Balikpapan, ditangkap Tim Batman dari Unit Reskrim Polsek Balikpapan Utara baru-baru ini. Masing-masing pelaku berinisial SA (34), ZU (29), dan BU (33).
“Ada tiga pelaku. Perannya, satu orang yang mencari sasaran dan dua orang yang mengeksekusi,” kata Kapolsek Balikpapan Utara Kompol Danang Aries Susanto saat pers rilis, Senin (7/2).
Mereka beraksi di dua wilayah, yakni Balikpapan Utara lima TKP dan Balikpapan Selatan dua TKP. Sejak 24-26 Januari 2022, antara pukul 22.00 Wita sampai pukul 03.30 Wita. Selama periode tersebut, sedikitnya tujuh unit sepeda motor berhasil digasak.
“Barang bukti motor curian ada tujuh. Kemudian anggota juga mengamankan tiga motor yang digunakan pelaku sebagai alat untuk melakukan kejahatannya. Jadi total ada 10 motor yang kita amankan,” ujarnya.
Ada pun modus yang digunakan dalam melancarkan aksinya, dengan cara hunting alias berkeliling menaiki sepeda motor untuk mencari calon target. Saat sudah mendapatkan, mereka langsung mendorong dan menyuntik menggunakan motor yang digunakannya.
“Pelaku ini berboncengan untuk mencari sasaran. BU yang menggambarkan lokasi, SA dan ZU yang menuju sasaran lalu menaiki motor dan menyuntiknya,” ucap Danang.
Pelaku selanjutnya membawa motor curian ke hutan kawasan Kompleks Perum Bangun Reksa, Balikpapan Utara. Kemudian memanggil tukang kunci untuk membuat kunci baru.
“Setelah motor berhasil dihidupkan, dibawa ke Samarinda untuk dijual dengan harga miring. Uang hasil penjualan untuk bersenang-senang,” tandasnya.
Atas perbuatannya, ketiga pria pengangguran tersebut dijerat Pasal 363, Jo 55 dan 65 KUHP. Dengan ancaman hukuman pidana maksimal tujuh tahun kurungan penjara.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.