background img

COVID MENINGKAT, RUANG ICU PENUH

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Perkembangan penyebaran kasus Covid-19 di Kota Balikpapan pada Desember 2020 ini meningkat cukup signifikan.

Berdasarkan data dari Satgas penanganan Covid-19 Balikpapan, hingga Sabtu kemarin (26/12) total akumulatif pasien positif Covid-19 mencapai 5.577 kasus.

Ada pun yang dalam perawatan berjumlah sebanyak 256 pasien, isolasi mandiri 378 pasien, sembuh 4.683 dan pasien meninggal dunia sudah 260 kasus.

Akibat peningkatan kasus tersebut, ruang isolasi di beberapa rumah sakit yang merawat pasien Covid nyaris terisi penuh. Salah satunya Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) yang merupakan rumah sakit rujukan utama pasien Covid-19.

Direktur Utama RSKD Balikpapan Edi Iskandar membenarkan kondisi tersebut. Dikatakan, untuk ruang isolasi pasien Covid-19 sudah 80 persen terisi. “Terisi hampir 80 persen dari kapasitas 75 tempat tidur,” kata Edy saat dikonfirmasi, Minggu (27/12).

Kondisi yang sama juga terjadi di ruang Intensive Care Unit (ICU). 17 tempat tidur yang disiapkan untuk pasien Covid-19 pun terisi penuh. “Tempat tidur di ruang ICU terisi penuh,” ujarnya.

Peningkatan kasus diprediksi masih akan terjadi. Sebab pada satu pekan terakhir banyak temuan kasus dari pelaku perjalanan libur Natal 2020 dan tahun baru 2021.

Mengantisipasinya, pihak rumah sakit pun saat ini sudah mempersiapkan lagi tempat untuk menampung pasien yang terpapar oleh virus yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok tersebut.

“Kita lihat perkembangan minggu ini sampai selesai tahun baru nanti, apakah benar sebagaimana prediksi akan ada peningkatan kasus Covid karena dampak libur panjang dan perayaan hari besar. Saat ini kami sudah persiapkan lagi tempat untuk menampung,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *