background img

COASTAL ROAD MANDEK, INVESTOR MERUGI

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sejumlah perwakilan pengusaha yang akan berinvestasi untuk pembangunan coastal road mengadu ke DPRD Kota Balikpapan.

Proyek coastal road yang sudah mandek selama 6 tahun tanpa ada kejelasan telah menyebabkan para investor merugi, karena harus membayar uang jaminan atas perizinan yang mereka urus setiap tahun.

“Kondisi ini menyebabkan para investor merugi, karena setiap investor harus memperpanjang jaminan di bank atas perizinan yang mereka urus tersebut. Dari laporan yang kami terima dari beberapa investor, mereka harus membayar jaminan Rp 3 miliar hingga 4 miliar dalam setahun. Tidak hanya itu, mereka juga harus menanggung biaya administrasi dan biaya bunga bank,” kata Ketua Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan Johny NG usai mendampingi perwakilan sejumlah pengusaha untuk bertemu dengan Pemerintah Kota Balikpapan, Rabu (7/7).

Menurut Johny, mandeknya tindak lanjut pembangunan coastal road ini dikarenakan tidak ada kejelasan terkait pengurusan izin reklamasi untuk rencana pembangunan coastal road yang direncanakan dibangun di sepanjang pesisir Teluk Balikpapan.

“Sejumlah pengusaha menyampaikan bahwa pembangunan coastal road itu sudah mandek, kurang lebih 6 tahun tidak ada realisasinya. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya kejelasan terkait masalah perizinan dalam hal pengurusan izin reklamasi, apakah diurus di pusat, di provinsi atau di kota. Ini yang menjadi pertanyaan bagi DPRD Kota Balikpapan kenapa proses investasi ini bisa mandek hingga sampai 6 tahun,” jelasnya.

Hal ini, menurut Johny, pihaknya telah meminta kepada Wali Kota Balikpapan agar memberikan kepastian kepada para investor agar mereka lebih tenang terkait masalah perizinan coastal road, sebenarnya siapa yang berwenang.

“Sampai saat ini, untuk izin reklamasi ini belum ada yang dikeluarkan, di Kota Balikpapan yang ada hanya izin prinsip. Hal ini ini karena pihak pemerintah sendiri tidak pernah menindaklanjuti persoalan ini secara serius,” pungkasnya.
Sesuai rencana pengerjaan proyek coastal road terbagi dalam delapan segmen pengerjaan, namun satu segmen yakni segmen II akan dikerjakan langsung oleh Pemkot Balikpapan.

Selebihnya dikerjakan tujuh investor. Nilai investasi untuk pembangunan coastal road diperkirakan mencapai Rp 8 triliun lebih.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *