background img

CAPAIAN INVESTASI TEMBUS 9,9 TRILIUN

5 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Situasi pandemi Covid-19 yang melanda sejumlah wilayah ternyata tidak mempengaruhi potensi capaian investasi di daerah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan, capaian investasi di Kota Balikpapan hingga triwulan ketiga, dari Januari hingga September 2020 tercatat mencapai Rp 9,9 triliun.

Capaian itu melebihi dari target yang ditetapkan untuk tahun 2020, yang ditetapkan hanya sekitar Rp 3 triliun.

“Berdasarkan catatan dari dinas badan perizinan terpadu bahwa target investasi yang tercatat triwulan ketiga tahun 2020 telah mencapai Rp 9,9 triliun, itu baru dari Januari hingga September 2020. Untuk triwulan keempat, kami masih belum menerima hasil perhitungan, dari BKPM yang rencananya biasanya baru akan muncul sekitar Januari ini,” kata Elvin yang diwawancarai usai penandatanganan perjanjian kerjasama antara DPMPT dengan Radio KPFM Balikpapan, Senin (25/1).

Menurut Elvin, kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi tidak mempengaruhi capaian target investasi pada tahun 2020.

Meski total investasi yang tercatat, masih didominasi oleh permodalan dalam negeri yang tercatat mencapai Rp 9,5 triliun. Sedangkan asing hanya sekitar Rp 400 miliar.

Kenaikan capaian investasi tersebut lebih banyak didorong oleh adanya pengerjaan proyek jalan tol Balikpapan

Samarinda dan proyek perluasan kilang Pertamina RDMP.
Untuk tahun 2021 ini, dirinya berharap rencana pemerintah untuk melanjutkan pemindahan ibu kota negara ke wilayah Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara dapat kembali memicu minat investor untuk berinvestasi. Sehingga sejumlah sektor perindustrian yang ada dapat terdampak pertumbuhannya.

“Dengan adanya rencana pemerintah yang akan mendapatkan calon ibukota negara di wilayah Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara tentunya akan memberikan keuntungan kepada kota Balikpapan. Keuntungan tersebut tentunya akan mendorong pertumbuhan industri yang ada di kota Balikpapan khususnya di wilayah perbatasan yang ada di Km 23, dan sekitarnya yang sangat dekat dengan wilayah ibukota negara,” ujarnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *