background img

CAFE DAN RESTO HARUS KOMITMEN

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Menyambut rencana pemerintah untuk memberlakukan kebijakan new normal di tengah pandemi Covid-19, sejumlah restoran dan cafe di Kota Balikpapan kembali diberikan kelonggaran untuk menyediakan layanan makan dan minum di tempat.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota Balikpapan mewajibkan seluruh mall, cafe dan restoran yang mulai beroperasi pada fase new normal membuat komitmen tertulis untuk memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Ini adalah kebaikan untuk kita semua. Protokol yang disarankan harus diterapkan. Seperti ini kan jaraknya minimal 1 meter, tapi kenyataan kita temukan seperti ini,” kata Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud ketika diwawancarai wartawan, Kamis (18/6).

Menurutnya, berdasarkan hasil inspeksi mendadak yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 di sejumlah cafe dan restoran di antaranya di kawasan Pasar Segar, masih banyak pengunjung cafe yang belum memenuhi standar prosedur pencegahan Covid-19, di antaranya dengan tidak ada pembatasan jumlah pengunjung sehingga terlihat ramai dan saling berdekatan.

“Pengunjung dan penjual harus mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.
Rahmad Mas’ud saat berbincang dengan pengunjung restoran meminta agar pengunjung menjaga jarak minimal 1 meter. Termasuk juga meminta kepada pengelola restoran dan cafe agar mentaati protoiol kesehatan.

Pihaknya tidak pernah bosan mengingatkan masyarakat termasuk pelaku usaha agar betul-betul memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita ingatkan terus kesadaran ini, tapi pemerintah tidak bisa jalan tanpa kesadaran dan kepedulian masyarakat,” tandasnya.Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan tim melalui DKK juga telah memberikan surat komitmen yang ditandatangani pengelola agar bersedia menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mengenakan masker, menyediakan cuci tangan.

Termasuk menempel stiker yang mengajak kepada pemilik/pengelola dan pengunjung menerapkan protokol kesehatan.Ia menegaskan, pihaknya akan mengevaluasi kembali komitmen yang telah ditandatangani oleh pemilik usaha cafe dalam tiga hari ke depan. Namun apabila masih melanggar akan diberikan sanksi pencabutan izin usaha hingga ancaman pidana.(Maulana/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *