background img

BUMIL POSITIF PERLU PSIKOLOG

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Ibu hamil (bumil) yang positif terpapar Covid-19 ternyata sangat berpengarauh terhadap psikisnya.

Hal itu disampaikan oleh dr. Ketut Rama, Sp.OG, dokter spesialis kandungan di RSKD Balikpapan saat menghadiri pers rilis update kasus Covid-19, Jumat (2/10) sore di halaman kantor Walikota Balikpapan.

“Ternyata ibu hamil yang kena Covid-19 ini sangat pengaruh terhadap psikisnya. Emosional, baik terhadap keluarga dan ibunya,” kata Ketut.

Untuk itu, Ketut menyarankan kepada Pemerintah Kota agar para ibu hamil yang positif tersebut didampingi oleh psikolog.

“Mungkin perlu kita masukan psikolog untuk menangai hal ini. Supaya semua bisa tertangani, bukan hanya ibu hamilnya, tapi suami dan keluarganya juga,” ujarnya.

Diketahui, hingga saat ini sudah ada 45 ibu hamil yang terpapar. Itu menyusul adanya tambahan dua kasus pada Jumat hari ini (2/10). Dari jumlah tersebut, terbanyak ditangani oleh RSKD Balikpapan.

“Awalnya ibu hamil yang positif ini hanya satu hingga dua orang. Namun sejak Agustus kasusnya mulai banyak, ada 15 kasus,” ungkapnya.

Untuk penanganannya, lanjut Ketut, pada kasus-kasus awal masih gamang. Belum ada rapid test sebelum melahirkan. Akibatnya rumah sakit jadi kebingungan.

“Tapi dari DKK kita berkordinasi dengan baik. Lalu di akhir Agustus ada kebijakan rapid test gratis dan ini sangat membantu sekali. Karena begitu rapid test reaktif langsung dilakukan swab.

Jika positif langsung dikordinasi dengan Poli Covid untuk diobati dengan anti virus,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *