background img

BUKIT KEBO BERPOTENSI PAD

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan memaksimalkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata yang dikelola oleh swasta.

Salah satunya adalah tempat wisata bukit kebo yang saat ini sedang viral dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan Dortje Marpaung mengatakan, bahwa pihaknya saat ini telah berkoordinasi dengan pihak pengelola objek wisata bukit kebo.

Menurutnya, pemerintah daerah berencana melakukan sharing pajak daerah dari tiket masuk yang akan dikenakan oleh pihak pengelola bukit kebo.

Hal itu karena pemerintah daerah tidak memiliki wewenang untuk menarik retribusi di objek wisata yang dikelola oleh swasta.
“Kita tidak mengenakan retribusi karena itu bukan fasilitas kita, karena aset swasta kita tidak boleh. Kita hanya dari share tiket bisa untuk pajak atau apa yang sesuai dengan aturan. Kita sudah mengkoordinasikan hal ini dengan pihak pengelola,” kata Dortje kepada wartawan, Jumat (3/9).

Menurut Dortje, untuk mendukung rencana tersebut, pihaknya telah mendapat arahan dari Wali Kota Balikpapan untuk melakukan sejumlah pembenahan di antaranya dengan melakukan peningkatan akses jalan di wilayah tersebut. Sehingga dapat dimaksimalkannya sebagai salah destinasi wisata yang akan menyumbangkan PAD.

“Kita sudah melakukan peninjauan ke lapangan, karena owner-nya itu swasta kita hanya mengarahkan saja kalau itu mau ditingkatkan menjadi destinasi wisata. Untuk mengenakan tiket itu harus mengacu pada aturan-aturan, karena tidak sembarang,” terangnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *