background img

BSI TINGKAT PERAN MEDIA LITERASI PERBANKAN SYARIAH

3 days ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Media sebagai penyebar informasi yang dapat dipercaya memiliki peran penting dan strategis dalam hal literasi perbankan syariah.

“Nanti di tanggal 1 November kita akan beroperasi secara penuh dengan satu sistem yang sama. Tentunya hal ini juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat luas yang dalam hal ini media memiliki peran untuk mendorong literasi di bermasyarakat terkait keberadaan perbankan syariah,” kata Direktur Sales & Distribution PT Bank Syariah Indonesia Tbk Anton Sukarna dalam kegiatan regional media workshop yang dilaksanakan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) secara daring, Rabu (13/10).

Menurut Anton, sebagai bank hasil merger tiga bank Syariah milik Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), BSI
diharapkan mempercepat pertumbuhan perbankan dan ekonomi syariah serta menjadi energi baru ekonomi Indonesia.

Sejak bank syariah milik Himbara ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Februari 2021, BSI justru diharapkan akan menjadi leverage atau daya ungkit bagi ekosistem Perbankan Syariah nasional.

Ia berharap proses inklusi yang dilakukan oleh Perbankan Syariah yang diawali dengan literasi dapat berjalan dengan baik, dan dapat memberikan dampak pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

“Alhamdulillah, kami ini memang baru berumur 9 bulan kalau terhitung sejak Februari 2021, kami sudah masuk dalam jajaran 10 bank di Indonesia dalam sisi aset. Kemudian dari segi jaringan kami sudah mengelola sebanyak 1.500 outlet. Kami punya sekitar 2.500 jaringan ATM. Yang menyebar di seluruh Nusantara ini dan tentunya akan menjadi poin-poin layanan,” terangnya.

Meski masih berada di tengah tantangan akibat situasi pandemi Covid-19, lanjut Anton, BSI berhasil menorehkan keberhasilan di sepanjang semester 1 di tahun 2021. Karena berdasarkan laporan kinerja hingga bulan Juni tahun 2021 sudah dibukukan laba sebesar Rp 1,48 triliun. Artinya adanya kenaikan laba sekitar 34,28 persen secara year on year (yoy). Dan juga terjadi kenaikan penggunaan user mobile banking hingga mencapai 2,5 juta. “Saya yakin betul ya bahwa apa yang kita capai ini juga tercapai yang atas dukungan dari berbagai pihak khususnya dari media yang selalu memberitakan hal positif tentang kami dan diharapkan itu juga bisa mendorong masyarakat bertransaksi dan menjadi nasabah aktif di bank syariah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, BSI terus berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi, termasuk memacu pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah, dengan selalu berkomitmen untuk memberikan solusi dan layanan terbaik untuk seluruh segmen. Baik korporasi, ritel, maupun UMKM.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *