background img

BPS MULAI SENSUS PENDUDUK TATAP MUKA

1 year ago written by

 

KPFM BALIKPAPAN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan mulai melakukan sensus penduduk secara door to door atau tatap muka, Selasa (1/9).

Sensus offline ini dilakukan untuk melengkapi data sensus online yang belum mencakupi seluruh penduduk Kota Minyak.

“Ini hari pertama kita pendataan penduduk secara door to door. Karena sejak tanggal 15 Februari sampai tangga 29 Mei kemarin kita melaksanakan secara online,” kata Kepala BPS Kota Balikpapan, Achmad Zaini saat ditemui usai pendataan di rumah jabatan Wali Kota Balikpapan, Selasa (1/9) pagi.

Sejauh ini, lanjut Achmad, penduduk yang merespon atau terdata secara online baru mencapai sekitar 165.219 jiwa. Artinya, capaian baru sekitar 25,89 persen dari jumlah penduduk Balikpapan sebanyak 655.087 jiwa. “Jadi sisanya masih ada sekitar 490-an ribu. Ini yang didata melalui tatap muka,” ujarnya.

Namun bukan berarti pendataan ini hanya untuk orang-orang yang belum mengisi online. Termasuk penduduk yang sudah mengisi online pun didata. Itu untuk mengecek apakah ada penduduk tambahan di keluarga tersebut atau ada yang meninggal dan juga pindah.

“Jadi tetap kita data lagi, supaya tidak ada yang terlewatkan. Sehingga menghasilkan data yang akurat,” ungkapnya.

Achmad menambahkan, dalam pelaksanaannya sensus tatap muka ini akan belangsung hingga tanggal 15 September 2020. Meski dalam suasana Covid, warga diminta untuk tidak perlu khawatir karena petugas sensus dilengkapi alat pelindung diri sesuai protokol kesehatan.

“Dalam kondisi Covid ini petugas kami dilengkapi dengan alat pelindung diri. Itu untuk mengantisipasi. Sensus juga bisa dilakukan wawancara lewat telepon di situasi seperti ini. Itu tergantung RT setempat,” ungkapnya.

Achmad mengimbau kepada masyarakat bahwa data setiap penduduk amatlah esensial dan penting. Sebagai tanda penduduk tersebut tercatat sebagai warga Kota Balikpapan yang kegunaannya untuk berbagai kepentingan.

“Untuk itu sambut dan bantu petugas sensus kami. Dan berikan jawaban sebenar-benarnya,” ucapnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *