background img

BPJS KESEHATAN SIAPKAN TIM REAKSI CEPAT

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebagai persiapan dalam mengantisipasi kejadian selama libur Lebaran tahun 2022, BPJS Kesehatan menyiagakan tim reaksi cepat dalam membantu memudahkan pelayanan.

Tim reaksi cepat ini bertugas untuk membantu masyarakat dalam mengatasi sejumlah masalah yang kerap terjadi, misalnya ketika ada masyarakat yang ditolak oleh fasilitas kesehatan ketika sedang mudik.

“Untuk pelaksanaan pengamanan cuti bersama dan libur Lebaran pada tahun 2022 ini, kita juga ada membentuk tim reaksi cepat untuk menangani sejumlah kejadian yang terjadi di lapangan terutama bagi pemudik seperti warga Jakarta yang ingin mudik ke Balikpapan kemudian ditolak di faskes, itu bisa langsung menghubungi melalui mobile JKN Layanan telepon di 165,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kota Balikpapan Sugianto kepada wartawan, Jumat (29/4).

Ia memastikan bahwa setiap laporan yang masuk akan tetap ditindaklanjuti oleh staf BPJS Kesehatan, karena sudah disiapkan staf yang stand by untuk melayani peserta.

Selain itu, menurut Sugianto, juga ada layanan offline di kantor yang juga tetap buka selama libur Lebaran, hanya saja ada perubahan jam kerja yakni maksimal sampai jam 12 siang.

Ia menyampaikan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, beberapa kesulitan yang dihadapi pemudik dalam mendapatkan pelayanan kesehatan itu di antaranya mereka kebingungan ketika berada di luar daerah untuk menentukan fasilitas kesehatan yang mereka gunakan.

Padahal berdasarkan aturan, pihaknya sudah menyampaikan para pemudik ini boleh mempergunakan fasilitas kesehatan dimanapun yang dia buka, cuma memang ada beberapa layanan kesehatan yang ditemukan masih menolak pasien ketika libur Lebaran ini yang kemudian dilaporkan kepada petugas BPJS Kesehatan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.