background img

BPJS GRATIS SESUAIKAN KETERSEDIAAN DANA

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud memastikan bahwa program penyediaan pembiayaan iuran BPJS Kesehatan gratis bagi masyarakat Kota Balikpapan dapat terealisasi pada tahun 2021 ini.

Menurut Rahmad, rencana pemberian program BPJS Kesehatan gratis sudah menjadi pembahasan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan Tahun 2021 ini.

“Sudah dalam program, nanti dalam APBD Perubahan nanti sudah dibicarakan,” kata Rahmad kepada wartawan, Kamis (17/6).

Sesuai dengan perhitungan awal, jumlah warga yang akan menerima program BPJS Kesehatan gratis ini tercatat mencapai 140 ribu jiwa.

Mereka merupakan masyarakat yang tergolong pekerja mandiri atau bukan penerima upah yang akan menerima layanan kesehatan kelas 3 dari program BPJS Kesehatan gratis ini.

Total biaya yang diperlukan untuk membiayai program ini tercatat mencapai Rp 5 miliar per bulan. Sehingga dalam satu tahun dibutuhkan biaya sekitar Rp 60 miliar untuk merealisasikan program ini.
Khusus untuk tahun 2021, program ini akan dilaksanakan mulai Oktober, November dan Desember dengan alokasi mencapai Rp 15 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Rahmad menyampaikan pihaknya siap mengalokasikan anggaran untuk membiayai program tersebut sepanjang dana yang dimiliki oleh pemerintah masih ada.

“Berapa yang diperlukan, itu yang kita kasih, sepanjang dana pemerintah ada, akan kita kasih. Insya Allah dalam perubahan tahun ini sudah ada,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa program BPJS Kesehatan gratis merupakan salah satu program prioritas akan dilaksanakan di masa kepemimpinannya sebagai Wali Kota Balikpapan.

“Memang untuk program pendidikan gratis dan BPJS gratis merupakan prioritas kita yang akan kita laksanakan. Doakan semuanya, semoga. Mudah-mudahan lancar,” pungkasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *