background img

BPJS GRATIS DIBUATKAN PERWALI

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan mulai melakukan pembahasan terhadap pengajuan Peraturan Wali kota tentang BPJS Kesehatan kelas tiga gratis bagi masyarakat.

Perwali ini akan menjadi payung hukum dalam penerapan program BPJS Kesehatan kelas tiga gratis yang dijadwalkan mulai dilaksanakan pada Oktober 2021 ini.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid mengatakan, pihaknya sudah menerima draft Perwali BPJS gratis dari pihak Pemerintah Kota, yang saat ini masih dalam proses pembahasan.

Menurut Syukri, ada beberapa pasal yang menjadi sorotan dalam Perwali BPJS Kesehatan gratis, terutama menyangkut soal aturan main dan anggaran yang bakal disiapkan dalam realisasinya.

“Tadi sudah dibahas pasal per pasal terkait dengan implementasi program ini. Salah satunya soal peserta yang dicover. Jadi semua peserta BPJS Kesehatan baik yang rutin bayar atau punya tunggakan tetap digratiskan,” katanya kepada wartawan, Kamis (9/9).

Ia menjelaskan, pihaknya ingin memastikan satuan kerja yang bertanggung jawab terhadap program BPJS gratis dalam melakukan verifikasi terhadap para peserta agar penerima bantuan dari pemerintah ini tepat sasaran. Mengingat kedua hal tersebut merupakan kunci utama dalam realisasi pelaksanaan di lapangan.

“Yang penting saya sudah menemukan kata kunci dari Perwali tersebut. Yaitu kriteria peserta dan siapa pengelolanya. Pengelolanya dinas kesehatan dan dinas sosial yang masing-masing memiliki ranah dalam proses realisasi program ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, Dinas Kesehatan akan berperan dalam melakukan proses verifikasi data penerima bantuan BPJS gratis. Sementara penduduk yang baru mendaftar sebagai calon penerima bantuan maka akan ditangani oleh Dinas Sosial lewat kelurahan setempat. Termasuk adanya kemungkinan terjadi migrasi peserta ke BPJS kelas 3 agar bisa menjadi penerima BPJS gratis.

“Bisa saja memang terjadi perpindahan kelas yang berdampak penambahan penerima. Tapi boleh jadi juga ada peserta yang mengundurkan diri karena tidak mau jadi penerima BPJS gratis. Kita buka klausul itu. Jadi prinsipnya dibayar semua tapi belum tentu semua ikut,” tambahnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *