background img

BPBD MINTA WARGA TETAP WASPADA BANJIR ROB

12 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan meminta agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi kemungkinan terjadinya banjir rob.

Hal itu melihat kondisi cuaca yang masih tidak menentu, sehingga harus diwaspadai dalam mencegah terjadinya bencana.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Suseno mengatakan, berdasarkan catatan yang ada, memang kejadian banjir rob di Kota Balikpapan yang terjadi pada tahun ini lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Dalam tahun 2021 ini, menurut Suseno, telah terjadi bencana banjir rob di sepanjang pesisir pantai Kota Balikpapan sebanyak 4 kali dengan ketinggian di atas 2 meter.
“Karena kerawanan tergantung situasi, kalau masalah sering terjadinya, frekuensinya seperti itu,” kata Suseno kepada wartawan, Rabu (22/12).
Untuk sementara, menurut Seseno, dalam mengantisipasi kejadian bencana banjir rob, pihaknya hanya bisa melakukan pengerahan personel untuk membantu warga dalam melakukan evakuasi. Termasuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan apabila diperlukan bantuan medis.
“Untuk sekarang ini, paling bantuan evakuasi pada saat diperlukan, ketika ada yang sakit kita berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Tahun ini, sudah tiga empat kali. Daerah Kampung Baru,” terangnya.
Hal itu karena banjir rob merupakan bencana alam, yang tidak mudah untuk diantisipasi. Yang dapat dilakukan hanya mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir pantai untuk menaikkan tinggi bangunan agar lebih aman ketika terjadi banjir rob.
“Untuk mengantisipasi tidak mudah, mungkin masyarakat diminta menaikkan bangunan. Ke depannya, kita cuma bisa mengimbau masyarakat sepanjang pantai untuk waspada, kalau ada barang-barang yang penting bisa diletakkan lebih tinggi, lebih aman, termasuk posisi saklar listrik untuk dinaikkan. Ini untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbaunya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.