background img

BONGKAR 3 TAMBANG ILEGAL

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dalam dua pekan terakhir, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kaltim berhasil membongkar tiga praktik ilegal mining atau tambang ilegal.
Dirkrimsus Polda Kaltim Kombes Pol Indra Lutrianto Amstono mengatakan, ketiga tambang ilegal tersebut hasil pengungkapan di Kabupaten Paser, Kukar hingga Berau pada periode 18 hingga 29 Agustus 2022.
“Dari pengungkapan itu turut diamankan empat orang tersangka, yang berstatus sebagai pekerja,” kata Indra Lutrianto saat konferensi pers di Gedung Mahakam Polda Kaltim, Senin kemarin (29/8).
Sementara untuk pemodal tambang, lanjut Indra Lutrianto, masih dalam proses pengembangan lebih lanjut. “Kasus-kasus ini masih dikembangkan untuk sampai ke pemodalnya,” ungkapnya.
Adapun barang bukti dalam pengungkapan ini, kepolisian mengamankan batu bara yang telah dikeruk dan sejumlah alat berat. “Kami akan terus melakukan analisa dan evaluasi terkait keberadaan tambang ilegal di wilayah Kaltim ini,” ucapnya.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, empat tersangka dijerat dengan Pasal 158 UU Minerba. Dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.