background img

BOLEHKAN PENDERITA DIABETES PUASA?

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pasien diabetes atau diabetesi termasuk salah satu pasien yang berisiko saat menjalankan puasa. Pasien dengan risiko ringan masih diperbolehkan berpuasa. Tapi jika kondisinya tidak memungkinkan, memaksakan diri berpuasa justru bisa menyebabkan komplikasi yang sangat parah.

“Semestinya penyandang diabetes itu harus konsultasi ke dokter dahulu antara 3 sampai 4 bulan sebelumnya, kalau ingin menjalankan puasa,” kata dr Kusnadi Sp. PD dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan saat talkshow di Radio KPFM Balikpapan bersama Ellyana Sesil, Kamis (29/4).

Menurutnya, melaksanakan ibadah puasa dapat dijalankan oleh pasien diabetes setelah berkonsultasi ke dokter, untuk memastikan kondisi kesehatan yang bersangkutan. Sebaiknya dilakukan empat bulan sebelum memasuki bulan Ramadan. Apabila memungkinkan maka tidak masalah bagi pasien diabetes untuk menjalankan ibadah puasa.

Ia menjelaskan, dengan berpuasa maka akan terjadi perubahan. Seperti perubahan jadwal makan, perubahan pola makan, yang akan merubah kondisi metabolisme di dalam tubuhnya dan insulin gulanya.

Perubahan metabolisme ini pada orang normal tidak bermasalah, tapi pada pada orang yang menderita diabetes akan bermasalah. Karena dengan insulin yang turun akan terjadi peningkatan hormon-hormon kontra regulasi.

Hormon ini yang menyebabkan gulanya akan naik, kemudian gula di dalam hati diproduksi. Kemudian lemaknya dipecah menjadi benda-benda keton. Benda-benda keton ini yang nanti akan berbahaya menjadi kegawatan di dalam kencing manis.

“Karena masih pandemi, jadi jarang ketemu sama pasien. Makanya kemarin itu sudah saya arahkan satu per satu,” jelasnya.

Pada dasarnya, bagi pasien diabetes yang melaksanakan ibadah puasa kadar gula darah dalam tubuh yang normal itu berada di bawah 120 mg/dL saat melakukan puasa. Sedangkan ketika tidak sedang berpuasa bisa mencapai kurang dari 200 mg/dL.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *