background img

BLOK KHUSUS PENGHAFAL AL QURAN DI LAPAS

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Lapas Klas II A Balikpapan mengaktifkan satu lagi blok bagi warga binaannya yang memiliki kemampuan sebagai penghafal Al Quran. Telah beroperasi sejak Jumat (18/3) lalu.

Kepala Lapas Balikpapan Pujiono Slamet menerangkan, untuk sementara blok khusus Tahsin dan Tahfiz warga binaan pemasyarakatan dilengkapi dua kamar. Saat ini telah dihuni 50 orang.

Sejatinya Lapas Balikpapan telah dilengkapi blok khusus kegiatan pesantren, sebagai bagian dari upaya pembinaan para narapidana beragama Islam. Blok tersebut kemudian sekaligus dimanfaatkan untuk menampung para Tahsin dan Tahfiz.

“Jadi ada blok pesantren, dari blok ini dibuat khusus Tahsin dan Tahfiz untuk lebih mendalami (ilmu agama),” jelas Pujiono.

Pemisahan warga binaan pemasyarakatan berkemampuan penghafal Al Quran ini juga bertujuan memudahkan pembinaan dan pengawasan oleh Lapas. Dari situ nantinya diharapkan dapat memberi pengaruh positif bagi warga binaan lainnya.

“Ini untuk memancing warga binaan lainnya, karena di situ untuk berbuat lebih baik selama menjalani pembinaan,” harapnya.

Terobosan Lapas Klas IIA Balikpapan ini mendapat apresiasi Kanwil Kemenkumham Kaltim. Melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Jumadi menekankan pentingnya inisiatif tersebut dalam mendukung upaya pembinaan warga binaan.

Apalagi dari jumlah sekitar 1.300 warga binaan yang ditampung oleh Lapas Balikpapan, sebagian besar merupakan umat muslim. “Diharapkan akan berkembang. Ini sebagai percontohan. Saya yakin warga binaan yang lain akan mengikuti,” tandas Jumadi.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.