background img

BISNIS PERHOTELAN MULAI PULIH

6 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Menjelang awal tahun 2021, pertumbuhan ekonomi di Kota Balikpapan mulai meningkat seiring dengan kebijakan relaksasi yang telah diterapkan oleh pemerintah.

Termasuk peluang bisnis di sektor perhotelan yang mulai merangkak naik memasuki penghujung tahun 2020. Meski pandemi Covid-19 diperkirakan masih berlanjut hingga tahun 2021.

General Manager Platinum Balikpapan Hotel & Convention Hall, Yanuar Kurniawan mengatakan, telah terjadi peningkatan jumlah kunjungan ke hotel ketika memasuki penghujung tahun 2020 ini.

Peningkatan itu mulai terlihat sejak pemerintah, memberlakukan relaksasi di sejumlah sektor untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Situasi krisis ini paling parah terjadi sejak bulan April hingga Juni. Tapi pada bulan Juni, seiring dengan adanya kebijakan dari pemerintah untuk melonggarkan pengetatan sosial, sehingga masyarakat lebih mudah melakukan aktivitas. Sebagian masyarakat mungkin juga sudah bosan berada di rumah, jadi sejak itu mulai naik secara perlahan,” katanya ketika menjadi narasumber talkshow Stay Tune Gift Desember 2020 di Radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Jumat (11/12).

Ia menjelaskan, untuk saat ini menjelang penghujung tahun 2020, tingkat kunjungan di Hotel Platinum sudah mulai terisi penuh. Ini sangat berbeda pada awal pandemi Covid-19.

“Memasuki akhir tahun ini memang sejumlah kamar yang tersedia juga sudah mulai penuh dengan pelanggan, meskipun tidak sama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah kamar yang tersedia di Hotel Platinum Kota Balikpapan tercatat mencapai 200 kamar yang terdiri dalam lima type yakni business room, deluxe room, junior suite, executive suite dan platinum suite.

Ia memastikan bahwa pelayanan di Hotel Platinum Kota Balikpapan benar-benar aman dan sudah memenuhi standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan pelayanan yang diberikan.

Namun pada akhir tahun 2020 ini, pihaknya tidak menggelar acara perayaan menjelang tahun baru 2021, untuk mencegah adanya kerumunan orang. “Untuk acara pergantian tahun, kami mengikuti anjuran pemerintah untuk sementara kita tidak ada acara spesial dari kami. Cuma pergantian tahun seperti biasa dengan reguler di Rooptop, yang saat menjadi salah satu ikon yang penting, supaya tidak ada kerumunan orang,” ungkapnya.

Dalam kesempatannya, ia juga menyampaikan terima kasih kepada para pelanggan yang tetap royal untuk menggunakan pelayanan di Platinum Balikpapan Hotel & Convention Hall.

“Memang sampai hari ini, kita menjadi salah satu hotel yang tetap bertahan di tengah situasi pandemi tanpa adanya mengurangi karyawan, dan penutupan jam operasional hotel,” pungkasnya.

(MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *