background img

BIAYA TES PCR TURUN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Biaya tertinggi tes Covid-19 dengan metode reaksi rantai polimerase atau PCR resmi diturunkan oleh pemerintah.

Untuk di wilayah Jawa dan Bali ditetapkan menjadi Rp 495.000. Sementara batas atas biaya tes PCR di luar Jawa-Bali ditetapkan sebesar Rp 525.000.

“Kita sudah mendengar dan sudah beredar surat edaran dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes bahwa tarif PCR diturunkan dan diseragamkan. Daerah di luar Jawa-Bali ditetapkan sebesar Rp 525.000,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Seluruh laboratorium pemberi pelayanan PCR, lanjut Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu, sudah mengetahui dan sudah untuk menjalankan aturan tersebut.

“Rata-rata sudah mengetahui. Namun surat resmi dari Dinas Kesehatan akan kami kirimkan besok karena hari ini libur. Tetapi secara pemberitahuan nonformal, sosialisasi lewat zoom sudah diketahui oleh semua fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Jika ada fasilitas kesehatan yang tidak menerapkan harga sesuai ketentuan, wanita yang akrab disapa Dio itu menegaskan jika pihak akan melakukan pembinaan.

“Tapi harus dibuktikan dulu. Kalau ada bukti sampaikan, nanti kami lakukan fungsi pembinaan. Itu adanya di Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Perihal keinginan Presiden Joko Widodo agar hasil tes PCR Covid-19 dapat diterima dengan cepat, yaitu sehari kemudian atau dalam waktu 1×24 jam, Dio menyebut jika pihaknya selalu siap.

“Teman-teman laboratorium juga siap mengikuti, karena memang selama ini juga 1×24 jam hasil PCR keluar,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *