background img

BIAYA PERBAIKAN WADUK TELAGA SARI BELUM BISA DIPASTIKAN

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan hingga saat ini belum bisa menentukan biaya yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi waduk Telaga Sari yang dilaporkan menyusut hingga mengering secara mendadak mulai 17 Mei 2021 lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan M Yusri mengatakan, pihaknya belum bisa menentukan berapa anggaran yang diperlukan untuk melakukan perbaikan waduk Telaga Sari karena masih menunggu hasil laporan tim investigasi dari Badan Wilayah Sungai (BWS) VI Samarinda.

Menurutnya, hasil investigasi tersebut akan dijadikan acuan untuk melakukan tindakan lebih lanjut terkait untuk penanganan selanjutnya termasuk dalam menentukan pola penanganan yang akan dilakukan untuk perbaikan waduk Telaga Sari.

“Jadi nanti hasil investigasi mereka itulah yang akan dijadikan acuan untuk melakukan tindakan lebih lanjut terkait untuk penanganan selanjutnya. Nanti akan keluar beberapa item di antaranya penyebabnya, kemudian bagaimana penanganannya dan rincian biayanya,” kata Yusri kepada wartawan, Senin (7/6).

Untuk penanganan sementara, lanjut Yusri, pihaknya telah menutup titik rembesan-rembesan yang terjadi di sekitar Waduk Telagasari dengan menggunakan kantong pasir atau sand bag, untuk mengarahkan aliran air langsung ke pintu air sehingga mengurangi resiko yang terjadi.

“Kita sudah memasang sekitar 2000 kantong pasir, kantong pasir yang dipergunakan tersebut merupakan bantuan dari balai BWS. Penggunaan kantong pasir ini dipergunakan untuk mengarahkan aliran air agar mengarah langsung ke pintu air,” jelasnya.

Ia menambahkan masa pelaksanaan investigasi waduk Telaga Sari diperkirakan selesai dalam 1,5 bulan, sejak dilaksanakan proses investigasi oleh Tim BWS pada akhir Mei lalu.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *