background img

BESOK, PPKM DARURAT DITERAPKAN

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Darurat Covid-19. Kalimat tersebut menggambarkan kondisi Kota Balikpapan saat ini. Jumlah mereka yang terpapar Covid-19 tak terbendung. Akibatnya tingkat keterisian di rumah sakit mencapai batas maksimal.

Begitu juga dengan angka kematian yang meningkat cukup tajam dalam dua pekan terakhir. Bahkan sampai belasan kasus kematian hanya dalam waktu satu hari.

Situasi tersebutlah yang membuat Kota Minyak -sebutan Balikpapan- masuk dalam 34 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang diinstruksikan untuk memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Aturan ini diberlakukan sejalan dengan aturan PPKM Darurat yang telah lebih dulu diterapkan di Pulau Jawa dan juga Bali.
Instruksi itu sudah sampai kepada Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud. Bahkan pihaknya telah membahas perihal kebijakan yang akan diberlakukan. Tentunya merujuk pada surat edaran dari pemerintah pusat.

“Bersarkan surat yang kami terima tadi malam dari pusat, Balikpapan masuk dalam PPKM Darurat. Langkah-langkah kita ambil tentunya sesuai dengan arahan atau petunjuk dari pusat,” kata Rahmad ditemui di Pemkot Balikpapan, Rabu (7/7) sore.
Salah satu kebijakannya adalah pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan atau mall, yakni hanya sampai pukul 17.00 Wita. Tempat makan juga demikian, tanpa terkecuali.

Begitu juga dengan tempat ibadah. Disepakati untuk meniadakan dulu salat Jumat berjamaah dalam dua minggu ke depan, diganti dengan salat zuhur.

“Karena kondisi darurat. Saya yakin para ulama memahami itu, karena waktu Covid pertama itu bahkan salat di masjid ditiadakan,” ungkapnya.

Termasuk juga dengan penyekatan di jalan-jalan umum. Namun tidak seperti yang tertera dalam surat instruksi dari pusat, yakni pagi hari jalan ditutup semua.

“Kalau kebijkan kita, kemungkinan pukul 17.00 Wita sampai malam jalan akan kita sekat. Karena yang kondisi ramai di Balikpapan pada jam itu, kalau siang sepi. Untuk titik penyekatan masih sama dengan sebelumnya, hanya akan ditambah,” ucapnya.
Kebijakan lainnya, lanjut Rahmad, masih dalam pembahasan lanjutan bersama unsur terkait. Namun yang pasti PPKM Mikro yang diperketat ini akan berlaku mulai Kamis (8/7) besok.
“Besok mulai berlaku. Edaran terbaru akan disebar. Sesuai hasil rapat langkah itu yang akan kita berlakukan di Balikpapan karena sudah masuk PPKM Darurat,” tegasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *