background img

BESARAN SUBSIDI SISWA SWASTA DITAMBAH

6 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan menambah besaran subsidi yang akan diberikan kepada siswa yang bersekolah di sekolah swasta pada tahun 2022 mendatang.

Rencana itu merupakan implementasi dari visi dan misi Wali Kota Balikpapan yang baru, Rahmad Mas’ud ketika memimpin Kota Balikpapan.

“Di tahun 2022, sesuai dengan visi dan misi Wali Kota Balikpapan yang baru, kita menaikkan jumlah subsidi yang diberikan kepada siswa di sekolah swasta,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin ketika menjadi narasumber dalam talkshow di radio KPFM Balikpapan yang dipandu penyiar Sherly Keysa, Kamis (17/6).

Menurutnya, pemberian subsidi kepada siswa yang bersekolah di sekolah swasta ini diberikan untuk menjawab kekhawatiran orang tua terhadap biaya yang dikeluarkan.

Untuk tahun ini, untuk siswa di tingkat SMP diberikan subsidi sebesar Rp100.000, untuk siswa SD diberikan Rp 60.000 per bulan.

Sedangkan di tahun 2022, sesuai dengan visi dan misi Wali Kota Balikpapan yang baru, jumlah subsidi yang diberikan kepada siswa yang bersekolah di sekolah swasta di tingkat SMP naik menjadi Rp 110.000 per bulan. Sedangkan yang SD naik menjadi Rp 75.000 per bulan.

Kebijakan ini diberikan juga untuk memberikan kesempatan kepada sekolah swasta untuk berkontribusi mencerdaskan anak-anak Balikpapan.

Karena pendidikan itu bukan hanya merupakan tanggungjawab pemerintah, namun juga masyarakat. Sehingga sesuai dengan sekolah negeri hanya menyerap 75 persen, sisanya diserap oleh sekolah swasta.

“Karena memang sekolah swasta ini juga tidak kalah bagusnya dengan sekolah negeri. Hal tersebut terlihat berdasarkan hasil nilai kelulusan dari sejumlah sekolah yang ada di Kota Balikpapan, dalam urutan 10 besar berasal dari sekolah swasta,” tuturnya.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *