background img

BERMODAL PO FIKTIF, WANITA TIPU KORBAN HINGGA RATUSAN JUTA

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Seorang wanita berinisial AP (30) harus berurusan dengan pihak berwajib. Ia diringkus oleh jajaran Satreskrim Polresta Balikpapan, setelah terbukti melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan yang merugikan pihak korban hingga ratusan juta.

Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro menjelaskan, kejadian pada bulan Maret 2021 lalu. Korban ditawari oleh tersangka berupa pengerjaan penyediaan air bersih ke salah satu perusahaan.
Kemudian korban dikirimkan purchasing order atau PO palsu atau fiktif oleh AP. Hingga akhirnya korban tergiur dan menanamkan sebagian uangnya untuk memodali PO tersebut. “Ada sekitar 23 PO yang diterima korban dengan nilai total sekitar Rp 900 juta,” ungkap Rengga, Sabtu (19/2).
Kebohongan mulai tercium saat korban melakukan penagihan. Hanya 14 PO yang dibayarkan pelaku, sedangkan sisanya yang mencapai Rp 600 juta ternyata fiktif. “Pada saat diteliti ke perusahaan, ternyata semua PO yang dikeluarkan oleh terlapor adalah fiktif,” ucap Rengga.
Korban selanjutnya mengadukan kejadian tersebut ke Polresta Balikpapan. Yang kemudian ditindaklanjuti oleh jajaran Satreskrim dengan melakukan penyelidikan.
“Setelah itu tersangka langsung dijemput di rumahnya. Kami anggap memenuhi unsur tindak pidana penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP dengan ancaman di atas lima tahun,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.