background img

BERIBADAH MENENTRAMKAN JIWA

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Jiwa yang gelisah bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan. Banyak penyakit yang bersumber dari psikis yang tertekan dan tidak tenang. Tidak heran kalau banyak orang melakukan terapi kejiwaan, aktivitas yoga dan bersemedi untuk meraih ketenangan batin.

Sebagai umat muslim ketenangan jiwa adalah kembali kepada Allah. Islam mengajarkan banyak hal untuk manusia bisa meraih cara membuat hati ikhlas, tenang, dan hidup bahagia menurut Islam. Ibadah yang diperintahkan Allah bukan semata-mata untuk menunjukkan ketaqwaan hamba kepada Rabb-Nya, namun adalah sebagai obat bagi kegelisahan batin dari segala hiruk-pikuk dunia.

“Jadi setiap manusia siapapun pernah galau, tapi Allah menyediakan
solusinya. Solusinya adalah beribadah, karena beribadah dapat menentramkan jiwa dan sebagai obat penawar hati,” kata Ustadz Hendra Wijaya dalam program Berkah Sahur yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim, Minggu (9/5).

Allah SWT menciptakan hamba-Nya mengetahui apa kelebihan dan apa kekurangan kita. Kelebihan kita, Allah bimbing kita untuk dipertahankan dan kekurangan sebagai manusia Allah bimbing untuk ditutupi. Sesungguhnya manusia itu diciptakan untuk berkeluh kesah.

Menurutnya, semua ibadah yang diwajibkan kepada kita adalah solusi untuk mencapai ketentraman jiwa.
Karena sesungguhnya ibadah yang diperintahkan kepada kita bertujuan untuk kemaslahatan kita sebagai seorang hamba.

“Jadi seluruh ibadah yang kita lakukan atau perintah Allah kepada kita berbentuk ibadah itu kembali kepada kemaslahatan kita, baik kesehatan secara mental, baik kesehatan secara jasmani, kesehatan secara sosial masyarakat, baik kesehatan secara harta,” ujarnya.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *