background img

BERDIALOG DENGAN HATI SEBELUM RAMADAN

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Bulan Ramadan sudah di depan mata, kurang lebih seminggu ke depan para umat muslim seluruh dunia sudah menantinya. Bulan yang penuh dengan berkah ini harus disambut dengan suka cita dan persiapan mental serta spiritual yang baik.

Hal ini dibahas oleh Ustadz Ahmad Pranggono S.Sos. I,SQ dalam program Sajadah yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim, Jumat (2/4). Program yang disiarkan oleh Radio KPFM Balikpapan 95.40 MHz serta live streaming di kanal youtube KPFM Channel ini membahas tentang bagaimana cara berdialoq dengan hati saat menyambut Ramadan.

Ustadz yang berdomisili di Tangerang Selatan ini mengatakan, dalam menyambut Ramadan harus ada persiapannya.

“Spiritual dan mental kita harus disiapkan agar Ramadannya tidak berlalu begitu saja.” ucapnya.
Ia menambahkan, bahwa Nabi Muhammad mempersiapkan Ramadan itu sekitar 2 bulan sebelum Ramadan, yaitu di bulan Rajab untuk menabur, di bulan Syaban untuk menyiram lalu di bulan Ramadanlah memanennya.
“Sehingga Ramadannya Insya Allah akan lebih khusyuk. Perbanyak salat sunnah 12 rakaat, membaca Al-Quran dan berdzikir.”
Selain itu Ahmad pun menganjurkan agar melakuakn dialog dengan hati. Apakah ada empat unsur yang masih mengganjal dalam diri. Marah, takut, sedih dan merasa bersalah adalah unsurnya. Ajak hati kita untuk berbicara tentang empat unsur itu agar hati kita terasa ringan dan damai. Alangkah baiknya ada orang lain yang berkompeten untuk bisa berbagi agar bisa healing. “Jujur dengan diri sendiri bisa membuat tubuh lebih sehat, karena terhindar dari psikosomatis dan jiwa lebih terasa damai terutama saat menjalankan ibadah puasa nanti,” tutupnya.

(sesil kpfm)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *