background img

BERBURU BOOSTER UNTUK MUDIK

9 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan tidak kerepotan lagi mencari sasaran vaksinasi dosis tiga atau booster. Karena masyarakat mendatangi sentra vaksinasi supaya memenuhi syarat mudik tahun 2022 ini.

“Jika sudah booster, maka tidak perlu lagi tes antigen dan PCR untuk mudik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty, Senin (28/3).

Diketahui, syarat tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers dari Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Maret 2022 lalu.

Jokowi mengatakan, masyarakat diperbolehkan mudik dengan syarat telah divaksinasi booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Syarat itu pun telah meningkatkan cakupan vaksinasi dosis tiga di Kota Balikpapan.

Hingga saat ini capaiannya sudah 18,09 persen dari total sasaran.

Untuk kelompoknya, di lansia 26,03 persen, pelayan publik 27,57 persen, remaja 1,38 persen, masyarakat rentan dan umum 16,27 persen, dan nakes 138,30 persen.

“Jelang mudik ini capaian vaksinasi booster memang ada peningkatan. Terjadi setelah adanya kebijakan syarat mudik dari pemerintah pusat,” ungkap wanita yang akrab disapa Dio itu.

Menyambut antusias masyarakat yang cukup tinggi, Pemkot akan mendekatkan pelayanan vaksinasi ke masyarakat. Di antaranya melakukan vaksinasi malam hari dan mendatangi masjid-masjid.

“Bisa jadi kami akan melaksanakan vaksinasi pada malam hari atau ke masjid-masjid seperti tahun lalu,” ungkap Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu.

Sementara vaksinasi di seluruh puskesmas juga terus dibuka sejak awal pelaksanaan vaksinasi. Masyarakat bisa langsung mendatangi puskesmas setempat.

“Puskesmas kita tidak pernah berhenti membuka layanan sejak ada vaksinasi sampai sekarang,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.