background img

BERBAIK SANGKALAH DAN BERSYUKUR KARENA BENCANA

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Mengawali tahun 2021 bumi di Indonesia sedang bersedih, karena banyaknya bencana yang terjadi. Mulai dari banjir di Kalimantan Selatan, gempa di Sulawesi Barat , hingga longsor yang terjadi di Jawa Barat. Dengan banyaknya bencana yang waktunya relatif berdekatan, maka kita sebagai manusia harus mempersiapkan diri.

Hal ini disampaikan ustadz Nasrul Hamdi, Lc saat bertausiyah di Radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Jumat (22/1). Program yang dipersembahkan Dompet Dhuafa Kaltim ini mengangkat tema Bencana Terus Terjadi, Bermuhasabah Dirilah pada yang Kuasa.

“Saat bencana alam terjadi sekarang, kita harus menyamakan persepsi tentang semua yang ada adalah ciptaan Allah dan kehendak-Nya. Dan berbaik sangkalah agar kita menjadi orang yang lebih bersyukur,” ujarnya. Nasrul juga menambahkan bila umat muslim yang diberi cobaan bisa mengambil hikmahnya.

“Jika dia seorang muslim yang beriman, maka ia akan merasa bahwa bencana ini adalah ujian yang Insya Allah menjadi penggugur dosa.

Bahkan dapat mengangkat derajatnya. Tapi jika ia kafir pasti akan menganggap bahwa ini adalah hukuman dari Allah,” ucapnya.

Bila menyikapi bencana yang terjadi akhir-akhir ini, maka tidak ada tempat yang aman di muka bumi ini. Seperti isi dalam Al-Quran bahwa tanda-tanda akhir zaman sudah tampak. Kiamat-kiamat kecil sudah dirasakan salah satunya diambilnya ilmu karena wafatnya para ulama.

“Sekaya apapun ataupun setinggi apa jabatan kita, pasti tidak bisa menghindar dari takdir Allah SWT. Perbanyak istigfar dan doa serta meminta ampun hanya kepada-Nya dengan membaca doa Nabi Adam secara berulang,” ujar Nasrul.
Bersedekah juga bisa membuat kita merasa lebih bersyukur. “Terlebih lagi di masa sekarang ini, banyak saudara kita yang menjadi korban bencana yang sangat memerlukan bantuan. Bersedekah membuat kita lebih bahagia dan kaya,” tutupnya.

(sesil kpfm)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *