background img

BERAT MENUJU ZONA KUNING

12 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan terus berupaya mencapai status zona kuning. Namun ternyata proses mendapatkan status tersebut masih cukup berat, meski status kasus Covd-19 di Kota Balikpapan sudah berada di zona orange dalam sebulan terakhir.
Ketua Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, penurunan status zona daerah dalam pandemi Covid-19 bisa membuat pemerintah segera melakukan pelonggaran.

Tapi hal itu memerlukan kerja keras dan dukungan semua pihak mengingat ada sejumlah persyaratan dari Kementerian Kesehatan yang harus terpenuhi.

“Angka kematian kita masih belum beranjak turun. Selain itu kasus Covid-19 bisa saja menanjak kembali jika aturan ketat yang diberlakukan selama ini tidak dipatuhi oleh warga dengan sadar,” katanya kepada wartawan.

Menurut Rizal, melandainya kasus terkonfirmasi positif ini memang membuat status zona merah beralih ke orange. Tapi perubahan status itu dinilainya tidak akan berarti jika kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan masih rendah.

“Kita memang sudah masuk zona orange. Alhamdulillah ini membaik karena kasusnya melandai. Tapi jangan lupa zona itu bisa berubah lagi saat warga abai. Bisa saja jadi merah lagi,” terangnya.

Untuk itu, menurut Rizal, pihaknya tetap melakukan evaluasi terhadap relaksasi sejumlah aturan pembatasan yang diberlakukan pemerintah lewat peraturan walikota dan surat edaran jam malam.

Seperti penghentian jam malam, dan izin terbatas untuk pengelola bioskop serta wahana bermain dengan kewajiban mematuhi protokol kesehatan.

“Kita lihat dulu lah. Kalau bisa sampai zona kuning baru kita lakukan pelonggaran yang lebih luas. Mudahan tidak kembali ke zona merah karena ini bisa cepat sekali perubahannya, jadi mohon dukungannya karena kita sudah masuk zona orange,” tuturnya.

Rizal menambahkan, selain Balikpapan tercatat ada 7 kabupaten kota di Provinsi Kaltim yang juga berubah status dari merah menjadi orange.

Upaya menekan angka kasus Covid-19 ini agar tak terjadi kenaikan, diperlukan keterlibatan semua pihak dan tidak hanya menjadi tanggung jawab gugus tugas.

“Kunci penurunan adalah menurunkan angka kematian, menurunkan angka terkonfirmasi positif hingga menaikkan angka kesembuhan. Ini yang cukup berat perlu kami terus benahi,” tambahnya.

(MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *