background img

BERANTAS NARKOBA LEWAT DESA BERSINAR

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Badan Narkotika Nasional (BNN) saat ini sedang gencar-gencarnya menggaungkan program desa bersinar. Baik di tingkat pusat maupun daerah.

Program ini salah satu yang digadang-gadang mampu menjadi program unggulan BNN dalam rangka menurunkan angka penyalahgunaan narkoba.
Dasar pemikiran program ini adalah membentengi masyarakat dalam lingkup terkecil yakni desa agar memiliki ketahanan terhadap bahaya peredaran gelap dan penyalahgunaan barang haram itu.

Di Kota Balikpapan ada dua Kelurahan yang ditetapkan sebagai desa bersinar, yakni Kelurahan Manggar dan Kelurahan Sepinggan. Resmi dilaunching pada 24 Juni 2021 lalu.

“Itu termasuk yang sudah dilaunching di seluruh Indonesia sebanyak 553. Dicanangkan menjadi kelurahan atau desa bersinar,” kata Kepala BNNK Balikpapan Kompol M Daud usai mengikuti peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (Hani) 2021 secara virtual bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Pemkot Balikpapan, Senin (28/6).

Lewat desa bersinar, lanjut Daud, masyarakat sekitar diberdayakan dalam hal Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Kita memperdayakan masyarakat sekitar untuk menyelamatkan anak muda. Kita tahu di kelurahan tersebut hampir 30 persen itu warganya pemuda. Kita bentuk kuat dan tangguh narkoba supaya jangan sampai keduluan masuk,” ungkapnya.

Upaya pencegahan lainnya, dengan patroli keliling bersama dengan kepolisian untuk memberikan imbauan. Serta memanfaatkan mobil pintar keliling ke lingkungan masyarakat untuk memberikan pemahaman terhadap bahaya narkoba.

“Kita juga melakukan edukasi melalui media sosial. Karena anak sekolah sementara ini belum ada tatap muka di sekolah. Jadi kita edukasi serta sosialisasi melalui daring,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *