background img

BENDUNGAN UNTUK IKN SUDAH 32 PERSEN

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi yang akan menjadi salah satu sumber air baku ibu kota negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU), ditargetkan rampung pada 2023.

Saat ini pembangunan fisik bendungan telah mencapai 32 persen. Sementara untuk serapan anggaran, sampai awal tahun ini mencapai 26 persen, dari nilai kontrak sebesar Rp 544 miliar.

“Melihat progres itu kami optimistis pembangunan fisiknya selesai lebih cepat. Kalau sesuai kontrak, harusnya 31 Desember 2023 sudah selesai fisiknya,” kata Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) lV Kalimantan Harya Muldianto saat mendampingi Kapolri di Bendungan Sepaku-Semoi belum lama ini.

Ada pun yang dikerjakan saat ini, lanjut Harya Muldianto, menyelesaikan bangunan pelimpah, bangunan pengelak dan cover dam. Pekerja juga sedang mengerjakan pondasi untuk tugu bendungan.

“Kita harus menggali pondasinya untuk mendapatkan tanah yang cukup baik daya dukung maupun ke kedepannya,” ungkapnya.

Bendungan Sepaku Semoi akan memiliki kapasitas hingga 2.500 liter per detik. Nantinya akan dialirkan ke IKN Nusantara dan dan Balikpapan. “2.000 liternya akan digunakan untuk keperuan IKN Nusantara, sedangkan sisanya 500 akan dialirkan ke Kota Balikpapan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.