background img

BELAJAR DARI NABI IBRAHIM

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Nabi Ibrahim alaihissalam merupakan insan yang sangat teguh dan gigih dalam menegakkan hak Allah Subhanahu wa Taala yang agung, yakni tauhid.

Azar, ayah Ibrahim, adalah orang kepercayaan Namrud dalam hal pembuatan patung-patung untuk disembah.

Azar, adalah orang pertama yang didakwahi oleh Ibrahim untuk menyembah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tetapi ayahnya tersebut lebih taat kepada Namrud untuk menyembah patung-patung buatannya daripada mengikuti millah Ibrahim.

Dalam mendakwahi ayahnya Beliau selalu melakukan dengan sabar dan penuh santun.

Keteguhan dan kegigihan Nabi Ibrahim AS juga terlihat dalam pencarian Allah berdasarkan dengan melihat ciptaan ciptaan-Nya.

“Sungguh ketika beliau kemudian mencari Allah, pengen tahu siapa kemudian menciptakan dunia dan isinya, perjalanannya mencari Tuhan atau mencari Allah subhanahu wa ta’ala melihat ciptaan-ciptaan-Nya,” kata Ustadz Didin Hasiruddin dalam program Sajian Amal ibadah (Sajadah) yang

dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Jumat (11/6).

Menurutnya, berdasarkan riwayat ketika dihadirkan oleh Allah satu malam kepada Nabi Ibrahim, dan ia memandang ke langit melihat bintang itu bersinar dengan terang tapi kemudian begitu menjelang siang bintang itu pun hilang, beliau kemudian berkata aku tidak menyukai yang begitu, mudah lenyap sedangkan Tuhan itu tidak akan pernah hilang, tidak akan pernah lenyap atau pindah ke tempat lain.

Kemudian Allah hadirkan lagi berikutnya, ada bulan yang lumayan terang bahkan lebih terang dari bintang, tapi kemudian bulan pun demikian. Bulan juga kemudian tenggelam setelah menjelang siang kembali mengatakan bahwa Nabi Ibrahim alaihissalam juga tidak menyukai yang tenggelam ini.

Sampailah kemudian ia berpikir kalau siang hari hadirkan matahari demikian pula matahari di sore hari juga kembali menjadi malam dan matahari tidak lagi.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *