background img

BAYAR PBB DISARANKAN LEWAT BANK

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah warga yang mengantre untuk membayar kewajiban Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di masa pandemi Covid-19, Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan menyarankan agar masyarakat lebih membayar lewat perbankan.

Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan Haemusri mengatakan, pihaknya saat ini sudah bekerjasama dengan Bank Kaltimtara dan BRI untuk menyediakan loket layanan pembayaran PBB.

“Di masa pandemi ini, kita juga tetap membuka loket untuk pembayaran PBB itu, namun kita harapkan kepada masyarakat dapat langsung membayarkan kewajiban pajaknya di Bank Kaltimtara dan BRI untuk mengurangi jumlah antrean,” katanya ketika diwawancarai wartawan, Senin (24/8).

Menurutnya, BPPDRD Kota Balikpapan telah membuka loket layanan untuk pembayaran PBB-P2 sejak bulan Juli lalu, namun berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya sebagian masyarakat lebih melunasi kewajiban pembayaran PBB menjelang batas akhir yakni di bulan September 2020.

Untuk itu mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah prosedur untuk mengantisipasi adanya lonjakan jumlah antrean di masa pandemi Covid-19, dengan memberlakukan pembatasan jumlah antrean sehingga prosedur jaga jarak atau physical distancing dapat tetap diterapkan.

Ia menjelaskan pada tahun 2020 ini, setelah dilakukan refocusing pihaknya memasang target pendapatan asli daerah (PAD) dari PBB mencapai Rp65 miliar. Jumlah tersebut jauh lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebesar Rp124 miliar.

“Target kita untuk saat ini setelah dilakukan refocusing dari sektor pajak pendapatan PBB itu mencapai Rp65 miliar, padahal tahun kemarin itu target kita mencapai Rp124 miliar.

Ia menambahkan, pihaknya melakukan refocusing terhadap target pemasukan dari PBB karena mempertimbangkan kondisi perekonomian di masa pademi Covid-19 sesuai sesuai arahan dari Menteri Dalam Negeri.

“Kita berharap agar wajib pajak agar tetap membayarkan kewajiban pajak dengan tepat pada waktunya,” tambahnya.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *