background img

BASARNAS SIAGAKAN PERSONEL DAN ALUT DI TITIK RAWAN

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Akhir tahun merupakan salah satu momen yang dinantikan oleh masyarakat untuk berlibur bersama keluarga. Di Kota Balikpapan berbagai tempat wisata banyak diminati oleh warga.

Hal ini menjadi konsentrasi bagi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan atau Basarnas Balikpapan untuk menempatkan personel serta alut di beberapa titik rawan yang ada di wilayah kerjanya. Salah satunya di pantai Manggar, Balikpapan Timur (Timur).

Potensi kepadatan jumlah pengunjung wisata menjadi perhatian sebagai tindak antisipasi maupun kesiapsiagaan terhadap hal-hal yang dapat membahayakan jiwa manusia.

“Memasuki bulan Desember, kami dari Basarnas menyiagakan tim dengan alut juga. Mulai weekend ini kami akan stand by di lokasi yang kami anggap rawan, terutama di tempat wisata seperti pantai Manggar,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim) Melkianus Kotta, Minggu (21/11).

Perihal itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya. Seperti Dispora, BPBD, serta TNI-Polri.

“Kami sudah koordinasi terkait kedatangan tim pada saat masyarakat melakukan aktivitas di tempat wisata. Kami melaksanakan kesiapsiagaan, baik itu personel maupun alut,” ujarnya.

Kesiapsiagaan juga dilakukan untuk mengantisipasi cuaca yang tidak menentu dalam beberapa pekan terakhir. “Cuaca belakangan ini sangat tidak memungkinkan untuk kita melaksanakan kegiatan berlayar. Itu sesuai dengan data BMKG di Wilayah Kaltim,” ucapnya.

Melkianus pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati saat melakukan aktivitas, baik itu di tempat wisata, menggunakan sarana transportasi laut maupun sarana transportasi yang lainnya.

“Mohon agar selalu berhati-hati dalam melakukan aktivitas, karena cuaca berdasarkan data tidak cukup bersahabat,” imbuhnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *