background img

BASARNAS SIAGA JALUR MUDIK LAUT

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) akan melaksanakan siaga SAR khusus selama mudik Lebaran tahun 2022 ini. Utamanya di jalur laut.
Demikian disampaikan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi saat diwawancarai wartawan di Kantor Basarnas Kota Balikpapan, Selasa (12/4).
Dikatakan, seluruh Basarnas di Indonesia termasuk Kaltim siaga menghadapi mudik Lebaran. “Ada 43 kantor Basarmas di seluruh Indonesia. Semua siaga menghadapi mudik lebaran,” kata Henri.
Menurut Henri, mudik tahun ini sangat istimewa. Karena selama dua tahun terakhir masyarakat diimbau untuk tidak melakukan mudik. Sehingga tahun ini pemudik diprediksi bakal ramai.
Di tengah situasi itu, kemungkinan terjadinya kondisi membahayakan juga akan semakin besar. “Oleh karena itu kita sudah mengantisipasi dan menyiagakan semuanya. Tidak hanya Basarnas, potensi SAR lainnya juga,” ungkapnya.
Khusus di Kaltim, Henri menyebut jika dirinya telah berkoordinasi dengan Kepala Kantor perihal kesiapan. Utamanya nanti siaga di jalur transportasi laut. “Di Kaltim ini transportasi laut sangat dominan,” ucapnya.
Selain jalur mudik, pihaknya juga siaga di semua tempat rekreasi. Sebab, saat Lebaran potensi kecelakaan di tempat rekreasi juga cukup besar. “Saat lebar itu banyak orang yang akan rekreasi. Dan terkadang lalai, tidak memperhatikan keselamatan. Itu yang kita antisipasi,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.