background img

BASARNAS KIRIM 27 PERSONEL KE MAJENE

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Balikpapan mengerahkan personel untuk membantu operasi SAR bencana alam gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (15/1).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapa Melkianus Kotta mengatakan, pada operasi bantuan ini pihaknya menerjunkan sebanyak 27 personel. Tim terdiri dari 15 personel rescue dan 12 personel Anak Buah Kapal (ABK).

“Sesuai dengan arahan pusat, kami kerahkan personel dan peralatan utama yang kami miliki untuk dukungan pelaksanaan operasi gempa bumi yang terjadi di Majene,” kata Melkianus.

Para personel, lanjut Melkianus, berangkat dari Balikpapan sekira pukul 09.00 Wita dengan menggunakan Kapal KN Gisanggeni 236. Diperkirakan sampai di lokasi sekira pukul 15.00 Wita.

“Untuk lama waktu operasi sesuai dengan SOP itu tujuh hari. Selebihnya, kami nanti menunggu arahan kembali dari pusat,” ungkapnya.

Adapun peralatan utama (alut) yang dilibatkan dalam operasi dukungan iini, meliputi peralatan ekstrikasi maupun peralatan pendukung operasi lainnya. “Serta untuk alut kapal juga kami libatkan dalam pelaksanaan operasi SAR pagi hari ini,” ucapnya.

Diketahui, musibah gempa bumi di wilayah Majene terjadi pada Kamis (14/1), sekitar pukul 14.30 Wita dengan magnitudo 5,9. Kemudian, pada Jumat (15/1) sekitar pukul 02.30 Wita dini hari, terjadi gempa susulan dengan getaran lebih kuat, magnitudo 6,2.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *