background img

BANGGAR : BELUM ADA AJUAN STIMULAN RT DARI PEMKOT

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sudah hampir tiga pekan, Kota Balikpapan melaksanakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, namun hingga saat ini belum ada kejelasan terkait rencana pemberian stimulan bagi pengurus RT yang melaksanakan kebijakan tersebut.

Padahal pengurus RT yang bertindak sebagai Satuan Tugas Covid-19 di wilayahnya menjadi ujung tombak bagi pemerintah dalam mendukung upaya penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid mengatakan bahwa hingga saat ini, pihaknya masih menunggu usulan dari pemerintah kota terkait rencana refocusing untuk membiayai program penanggulangan Covid-19.

Ajuan refocusing tersebut akan mencakup beberapa program mendasarkan dalam upaya penanggulangan Covid-19 dalam penerapan kebijakan PPKM mikro di masing-masing yakni pemberian honor RT selaku Satgas, kemudian kegiatan untuk pendampingan vaksinasi dan penyediaan ruang isolasi di lingkungan RT.
“Sampai hari ini, badan anggaran belum ada menerima ajuan dari pemerintah kota terkait rencana refocusing anggaran, bagaimana cara menanggapinya kalau eksekutif sendiri belum ada mengajukan anggaran untuk rencana refocusing.

Ia menjelaskan, dalam rapat sebelumnya pihaknya telah menyampaikan kepada pemerintah kota apabila anggaran yang sudah tersusun dalam APBD 2021 ternyata tidak mencukupi, dipersilahkan kepada pemerintah kota untuk mengajukan pelaksanaan refocusing.
“Pada dasarnya, kami dari DPRD sepakat, kalau ada anggaran penanggulangan Covid 19 untuk RT, kalau bisa bentuknya stimulan yang diberikan kepada RT, cuma kan untuk anggaran operasional RT ini yang merumuskan adalah pemerintah, “ ungkapnya.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *