background img

BALIKPAPAN SUDAH ZONA ORANGE

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN- Kondisi pandemi Covid-19 di Kota Balikpapan membaik. Berdasarkan hasil kajian epidemiologi, Kota Minyak dinyatakan terjadi penurunan status menjadi zona orange, Kamis (1/10).

Hal itu disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan Andi Sri Juliarty, saat pers rilis update perkembangan kasus Covid-19.

“Balikpapan sudah masuk zona orange, bersama tujuh kabupaten/kota lainnya di Kaltim. Yang masih zona merah, Samarinda, Kukar, dan Bontang,” katanya.

Wanita yang akrab disapa Dio itu menjelaskan, terdapat 14 indikator untuk menentukan zona penularan Covid-19 di daerah.

“Dari 14 indikator, tiga indikator utama yaitu epidemiologi, kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan. Bisa dilihat di website Covid-19 pusat,” ujarnya.

Untuk perkembangan kasus, pada Kamis hari ini (1/10), terdapat penambahan sebanyak 22 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Didominasi pasien OTG sebanyak sembilan kasus, tujuh kasus pasien suspek dan enam kasus riwayat perluasan tracking.

“Hari ini juga masih ada hasil tracking cluster lepas pantai Kaltim, mereka juga tinggal di perumahan dan ini jadi perhatian Pemkot,” ungkapnya.

Kabar baik juga, bahwa kasus pasien sembuh lebih banyak. Yakni 45 orang. Dengan rincian satu pasien dari RSKD, dua dari RSPB, satu dari mess perusahaan, dan 40 selesai karantina mandiri.

“Namun ada satu kasus meninggal dunia kemarin sore di RS Tentara. Seorang laki-laki 57 tahun, berkode BPN2824,” ucapnya.

Dengan penambahan tersebut, jumlah akumulatif kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Balikpapan hingga saat ini sudah 3.079 kasus.

Rinciannya, 191 pasien sedang mendapat perawatan, 507 pasien melakukan isolasi mandiri, pasien sembuh 2.127 orang, dan 189 orang meninggal dunia.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *