background img

BALIKPAPAN DAN SAMARINDA JADI ANDALAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Ahmad Hermansyah menyebutkan bahwa ada lima daerah di Kalimantan Timur yang menjadi andalan pengembangan ekonomi kreatif.

Lima daerah tersebut di antaranya Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara.

“Kita ketahui bahwa Kalimantan Timur ini, ekonomi kreatif yang menjadi andalan adalah kuliner, kriya, dan aplikasi seni pertunjukan. Ada lima yang memiliki potensi keunggulan di bidang ekonomi kreatif di antaranya Samarinda, Balikpapan dan Kutai Kartanegara,” katanya ketika membuka kegiatan Balikpapan Manuntung Art Festival (BMAF) II resmi dibuka di Gedung Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) Dome, Selasa (20/12) malam.

Ia menyampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas pemberian penghargaan Dewan Kesenian Balikpapan atas terlaksananya kegiatan ini.

Semoga menjadi pemicu dan semangat bagi kita semua dalam mengembangkan kesenian, atas tetap lestari dan semakin maju.
“Kita bersyukur bahwa Kaltim memiliki potensi seni budaya yang banyak, dari budaya asli Kalimantan Timur.

Di Kalimantan Timur ini, kita ada tiga kebudayaan, yang pertama pedalaman, kedua ada budaya pesisir, dan ketiga Melayu. Jadi bagaimana kombinasi ketiga kebudayaan tersebut,” ujarnya.

Dalam kesempatannya, dirinya mengajak kepada seluruh pelaku seni agar terus bekerja dan berkarya sesuai profesi masing-masing.

Kemajuan ekonomi Kalimantan Timur diharapkan bisa mendorong pertumbuhan di sektor lain, seperti kepariwisataan yang sudah mulai berkembang, selama ini terjadi secara sinergis.

Untuk tahun ini dan ke depan, ada tiga hal yang perlu diketahui, pertama masalah inovasi, adaptasi, kolaborasi.
Kolaborasi itu seperti Pemda, Dewan Kesenian, perguruan tinggi, dan tokoh masyarakat. Itu merupakan suatu model kriya ke depan, dengan berinovasi menggunakan teknologi.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.