background img

BALIKPAPAN BERTAHAN DI ZONA ORANGE

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Meski terjadi lonjakan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19, situasi tersebut tidak menaikkan kondisi Kota Balikpapan yang masih bertahan di zona orange.

“Sampai saat ini, kondisi Kota Balikpapan masih berada di zona orange,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan kepada wartawan, Rabu (23/12).

Menambah pernyataan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio mengatakan, meski terjadi kenaikan jumlah kasus yang terkonfirmasi, namun status Kota Balikpapan dipastikan masih berada di zona orange.

Hal itu terlihat berdasarkan hasil laporan tingkat penularan Covid-19 di Kota Balikpapan selama sepekan ini.
Meski terjadi penambahan jumlah kasus terkonfirmasi, indikator penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan mengalami penurunan. Angka R nought (RO) menurun menjadi 0,88.

Angka tersebut lebih rendah dari angka indikator penyebaran Covid-19 pada pekan sebelumnya, yang tercatat mencapai angka 1,23.

“Kalau bicara R0 itu tidak bicara kasusnya, tapi bicara pada tingkat penularannya, jadi kalau pekan lalu kondisi R0 kita itu berada pada angka 1,23 namun pada pekan ini menurun angkanya menjadi 0,88,” ujarnya.

Kondisi ini menjadi salah satu yang menyebabkan Kota Balikpapan masih bertahan pada posisi zona orange, meskipun tingkat penyebaran Covid-19 saat ini masih mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari sejumlah klaster-klaster yang ditemukan di Kota Balikpapan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *