background img

BALIKPAPAN BERSIAP HADAPI CACAR MONYET

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPA – Kementerian Kesehatan (kemenkes) beberapa waktu lalu telah mengonfirmasi pasien virus cacar monyet pertama di Indonesia. Kasus itu ditemukan di DKI Jakarta, seorang laki-laki berusia 27 tahun.
Menyikapi temuan kasus tersebut, antisipasi dini dilakukan oleh daerah. Tidak terkecuali di Kota Balikpapan, yang merupakan pintu gerbang wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).
Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi. Salah satunya berkoordinasi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).
“Kami secara intensif berkoordinasi dengan KKP, terkait pemeriksaan kesehatan penumpang di Bandara dan Pelabuhan,” kata wanita yang akrab disapa Dio itu melalui pesan WhatsApp, Senin (22/8).
Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi cacar monyet kepada seluruh tenaga kesehatan agar dapat mendeteksi dini. Termasuk mempersiapkan sistem pelaporan kasus.
“Kami juga menyiapkan fasilitas layanan kesehatan atau fasyankes rujukannya, seperti laboratorium, Puskesmas, Klinik hingga Rumah Sakit,” ungkapnya.
Sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat, terkait gejala dan faktor penyebab penularannya. Ada pun gejalanya, bercak di seluruh tubuh, seperti cacar bisa sampai infeksi bernanah. Kemudian ada pembesaran kelenjar lymphe.
“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu terapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS),” imbuh Dio.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.