background img

BALIKPAPAN BELUM KEBAGIAN VAKSIN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Persiapan sudah matang. Mereka yang akan melakukan penyuntikan vaksin juga sudah siap. Pun dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang akan dilakukan vaksinisasi juga sudah siap.

Jumat, 15 Januari 2021, diharapkan para Nakes sudah dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19. Terlebih pada 5 Januari 2021 lalu sebanyak 25 ribu lebih dosis vaksin telah mendarat di Kaltim.

Tapi hal itu urung terlaksana, dalam realisasi vaksin Covid-19 tahap pertama termin satu, nama Kota Balikpapan belum masuk daftar daerah yang akan mendapatkan vaksin.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty dalam pelaksanaan pers rilis penyempaian update terbaru wabah Corona di Pemkot Balikpapan. Selasa (12/1) sore.

“Untuk tahap pertama termin satu Balikpapan belum dapat. Kita akan dapat pada termin ke dua bulan Februari 2021 nanti,” kata wanita yang akrab disapa Dio itu kepada wartawan.

Keputusan tersebut merujuk pada surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19, yang ditujukan kepada Kadis Kesehatan Provinsi dan diteruskan ke Kabupaten Kota.

Poin pentingnya adalah fokus awal pelaksanaan vaksinasi bulan Januari 2021, adalah di ibu kota Provinsi dan Kabupaten Kota yang berbatasan langsung.

“Jadi pada lampiran surat ini sudah ditetapkan juga bahwa yang akan menjalankan vaksinasi pada tanggal 15 Januari 2021 ini adalah Kota Samarinda dan Kutai Kartanegara. Balikpapan juga masuk tapi untuk termin dua bulan Februari, jadi mundur,” ujarnya.

Sesuai lampiran surat, jumlah Nakes Kota Balikpapan yang akan divaksinasi sebanyak 5.759 orang. Mereka akan mendapat dua kali suntikan, sehingga jumlah vaksin untuk Balikpapan pada termin dua nanti sebanyak 11.560 vaksin.

“Ada juga 10 orang pejabat publik esensial yang siap untuk dilakukan penyuntikan vaksin, seperti Gubernur, DPRD, Sekda, Direktur Rumah Sakit Rujukan dan Kadis Kesehatan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *