background img

BALIKPAPAN AKAN TERAPKAN SWAB

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan akan menerapkan aturan wajib tes usap atau swab test Covid-19 bagi pelaku perjalanan yang akan masuk ke wilayah tersebut.

Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, rencana penerapan kebijakan ini dilakukan untuk menyikapi perkembangan kasus Covid-19 yang terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

“Kita dengar di Surabaya dan Bali sudah berencana menerapkan untuk mewajibkan pemeriksaan swab bagi warga yang akan masuk ke wilayahnya. Jadi tidak bisa lagi rapid test. Saya kira ini bisa menjadi pertimbangan,” kata Rizal kepada wartawan, Selasa (15/12).

Menurut Rizal, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim terkait rencana pemberlakuan aturan ini.

Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim saat ini sedang melakukan telaah terkait rencana pemberlakuan aturan tersebut, untuk diusulkan kepada Gubernur Kaltim sehingga dapat diberlakukan daerah.

Telaah tersebut ditargetkan selesai dalam dua hari ke depan. Ketika sudah ada keputusan dari Gubernur yang menyetujui aturan tersebut, maka aturan tersebut akan segera diberlakukan di Kota Balikpapan.

Selain itu, Rizal menjelaskan, dirinya juga telah memerintahkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja untuk melakukan sejumlah kajian dalam menerapkan sejumlah pembatasan sosial, untuk memperketat

pengawasan protokol kesehatan masyarakat sehingga peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Balikpapan dapat dikendalikan.

(MAULANA/ KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *