background img

AWASI 6.168 PATOK PERBATASAN

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – 450 personel Yon Armed 5/Pancagiri Kodam 3 Siliwangi tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Sabtu (30/7). Mereka akan menggantikan pasukan Yon Armed 18 Kodam VI Mulawarman yang bertugas dalam misi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo memimpin langsung upacara penerimaan Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yon Armed 5/Pancagiri Kodam 3 Siliwangi tersebut.

Pasukan akan bertugas selama sembilan bulan yang akan mengisi 15 pos Pamtas RI-Malasysia. Mereka juga akan mengawasi 6.168 patok yang harus di jaga meliputi Kaltim dan Kaltara.

“Saya selaku Pangkoops mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di operasi Pamtas darat RI-Malaysia di wilayah Kaltim dan Kaltara,” kata Mayjen TNI Tri Budi Utomo.
Dia menjelaskan bahwa tugas Pamtas darat untuk melakukan penangkalan masuknya warga negara asing (WNA) secara ilegal ke wilayah NKRI, sehingga berpotensi mengancam pertahanan negara.

“Hakikat mendasar tugas Pamtas adalah dengan keberadaan satgas akan memberikan efek yang berniat mengganggu keutuhan kedaulatan Indonesia. Prinsipnya keberadaan Satgas Pamtas menjaga dengan segala risiko untuk menjamin pertahanan negara,” ungkapnya.

Jenderal TNI dua bintang di pundak ini juga memberikan penekanan terhadap para prajurit untuk selalu menjunjung tinggi kehormatan TNI dalam melaksanakan tugas.

“Laksanakan ibadah sesuai agama dan kepercayaan dalam setiap melaksanakan tugas. Pegang teguh Sapta Marga dan delapan wajib TNI. Laksanakan tugas dengan ikhlas untuk berbuat kepada negara dan bangsa,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.