background img

ATURAN PPKM LEVEL 3 LEBIH LONGGAR

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Balikpapan ditetapkan naik menjadi level 3.
Kenaikan status PPKM di Kota Balikpapan tersebut dilakukan seiring dengan lonjakan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19, yang terjadi selama sepekan ini, dengan jumlah kasus hingga mencapai 300an per hari.
Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli yang akrab disapa Zul mengatakan, perubahan status ini menaikan posisi PPKM di Kota Balikpapan yang awalnya berada di level 1 menjadi level 3.
Ia menjelaskan, untuk aturan PPKM level 3 ini akan difokuskan pada kebijakan pembatasan kapasitas untuk mengurangi kerumunan orang yang dapat berpotensi meningkatkan penyebaran Covid-19.
“Untuk level 3, yang paling kelihatan perbedaannya adalah di kapasitas,” kata pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan kepada wartawan, Senin (14/2).
Ia menerangkan, untuk rinciannya terkait penerapan PPKM level 3 ini, pihaknya masih menunggu arahan dari instruksi Kementerian Dalam Negeri, karena hari ini adalah hari terakhir untuk penerapan kebijakan PPKM level 1 di Kota Balikpapan.
“Karena penjelasan dari Kementerian Dalam Negeri bahwa mereka saat ini masih juga dalam proses menyusun irmendagri (instruksi menteri dalam negeri) yang sangat spesifik untuk level 3,” tuturnya.
Dan meskipun terjadi peningkatan yang cukup tajam terkait penambahan jumlah kasus Covid-19 di Kota Balikpapan, keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) di Kota Balikpapan masih di bawah 1. Berarti masih memungkinkan untuk dilakukan relaksasi.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.