background img

ATURAN JAGA JARAK DI FASILITAS UMUM MASIH BERLAKU

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan menegaskan bahwa aturan jaga jarak pada sejumlah fasilitas umum atau pelayanan publik masih berlaku.

Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, penghapusan aturan jaga jarak hanya diberlakukan bagi umat muslim ketika melaksanakan salat berjamaah di masjid.

Kebijakan ini diberlakukan terkait surat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang sudah mengimbau atau memberikan arahan kepada jamaah, yang memperbolehkan untuk menggelar salat berjamaah dengan shaf yang rapat.

Sedangkan untuk aturan jaga jarak di fasilitas umum lainnya tetap diberlakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Yang melepaskan aturan untuk jaga jarak ini baru salat berjamaah. Kalau yang lain belum, tetap kita lakukan dan sebisa mungkin kita lakukan,” kata pria yang akrab disapa Zul ini kepada wartawan, Senin (21/3).

Meski sesuai dengan arahan pemerintah, yang paling ditekankan itu adalah penerapan penggunaan masker dan vaksin. Namun penerapan jaga jarak masih diberlakukan.

“Tidak ada aturan terkait aturan jaga jarak itu dilepaskan, sehingga sejumlah fasilitas umum di antaranya bank tetap menggunakan aturan jaga jarak. Walaupun dalam beberapa kesempatan yang disampaikan oleh presiden yang diingatkan untuk cuma dua, yang pertama yakni pemakaian masker dan penggunaan vaksin. Sedangkan untuk jaga jarak itu tidak terlalu ditekankan walaupun tetap kita lakukan,” terangnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.