background img

ATASI OVER KAPASITAS, PEMPROV SIAPKAN LAHAN LAPAS BARU

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kondisi Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) yang ada di wilayah Kalimantan Timur dan Utara sudah sangat melebihi atau over kapasitas.
Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Kaltim, Sofyan. Dia mengatakan, secara keseluruhan di Kalimantan Timur dan Utara, kapasitas hunian Lapas dan Rutan sekitar 3.586 orang. Dan saat ini penghuninya sebanyak 12.850 orang.
“Artinya mengalami over kapasitas sekitar 339 persen,” kata Sofyan saat menghadiri acara penyerahan secara simbolis surat remisi umum bagi narapidana dan anak Kaltim-Kaltara di Lapas Kelas IIA Samarinda, Selasa (16/8).
Menyikapi kondisi keterisian Lapas dan Rutan tersebut, Pemprov Kaltim kini telah mempersiapan lahan untuk pembangunan Lapas baru. Sekarang tahapannya sudah dalam proses, dengan luas sekitar seribu hektare.
“Kita sudah merencanakan untuk merelokasi Lapas yang sudah over kapasitas, dengan mempersiapkan lahan. Namun lokasinya cukup jauh dari Samarinda, sekitar Desa Embalut Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara,” ungkap Gubernur Kaltim Isran Noor.
Di Lapas baru nanti, lanjut Isran, para narapidana ataupun warga binaan bisa melakukan berbagai kegiatan. Seperti berkebun maupun bertani serta aktifitas lainnya.
“Konsep Lapasnya dalam pikiran saya bukan seperti Lapas lah, karena para warga binaan nantinya bisa berkreasi dalam berbagai aktivitas baik berkebun maupun bertani,” ucap Isran.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.