background img

ASTRA MOTOR KALTIM 1 BERI TIPS CEK SHOCKBREAKER

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Shockbreaker atau suspensi merupakan salah satu komponen pada setiap motor. Komponen ini sangat penting mengingat akan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Shockbreaker bekerja dengan meredam hentakan pada motor saat motor melewati jalan yang bergelombang, tidak rata, atau jalan yang berlubang.
Shockbreaker atau suspensi memiliki usia pemakaiannya tersendiri, bisa dikatakan bahwa usia pakai suspensi motor ini terhitung sangat lama. Namun, tetap hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan penggunanya dalam berkendara.
Jika kamu berkendara dengan kecepatan tinggi, ugal-ugalan, tidak mengerem saat melewati polisi tidur atau jalan yang berlubang, sudah pasti akan mempengaruhi suspensi motor. Semakin sering melakukan hal tersebut, maka usia pakai shockbreaker akan berkurang. Selain itu, membawa beban yang berat di motor juga dapat merusak kondisi suspensi motor.
Sayangnya bagi sebagian orang masih belum mengetahui bagaimana cara mengecek kondisi shockbreaker atau suspensi motor. Karena cukup rumit, orang-orang lebih memilih untuk pergi ke bengkel dan menanyakan langsung kepada mekanik.
Nah, daripada ribet ke bengkel, berikut ini kami akan memberikan tips bagaimana cara mudah mengecek kondisi shockbreaker tanpa harus repot-repot pergi ke bengkel. Yuk simak tips dari Astra Motor agar mudah mengecek kondisi shockbreaker motor.

1. Tekan Shockbreaker Motor.
Kondisi Shockbreaker atau suspensi motor yang sudah rusak maka akan memantul. Cara untuk mengeceknya, bisa menekan ke bawah suspensinya dan lihat reaksi apa yang ditimbulkan.
Shockbreaker yang cepat memantul kembali ke posisi semula artinya terjadi kerusakan pada shockbreaker. Hal itu disebabkan karena shockbreaker tidak sanggup lagi meredam hentakan. Alhasil jika melewati jalan yang berbatu dan berlubang, akan merasakan hentakan yang cukup keras dan tentu saja akan membuat tidak nyaman dalam berkendara.
Jika terjadi demikian, harus segera mengganti komponen Shockbreaker atau suspensi motor dengan yang baru. Namun, apabila permasalahannya karena suspensi motor kering, bisa mengolesinya dengan oli atau cairan pelumas agar membantu kinerja suspensi tersebut.

2. Lepas Shockbreaker Terlebih Dahulu
Cara mengecek kondisi suspensi motor yang kedua ini adalah dengan melepaskannya dari kendaraan. Copot per kemudian tekan kompresi pada setiap putaran. Apabila ditekan semakin keras, maka kondisi Shockbreaker atau suspensi tersebut sudah dalam kondisi yang tidak prima.

3. Lihat Kondisi Shockbreaker, Apakah Terdapat Kebocoran Oli?
Kondisi suspensi motor yang sudah tidak baik juga dapat terjadi dengan bocornya oli. Jika hal ini terjadi, maka kamu harus segera mengganti dengan suspensi yang baru. Jangan biarkan terus-menerus, karena hal ini bisa berdampak pada kenyamanan kamu dalam berkendara.
Misalnya, jika oli bocor dan menetes di kampas rem, maka hal itu bisa menyebabkan rem motor kamu ngeblong. Jika kamu dalam kondisi sedang berkendara, tentu akan sangat berbahaya mengingat rem menjadi salah satu komponen yang harus selalu dalam kondisi baik saat berkendara.

4. Gunakan Berkendara di Jalanan yang Bergelombang
Yang terakhir ini, kamu dapat mengeceknya secara langsung kondisi Shockbreaker atau suspense motor kamu di jalan yang bergelombang. Ajak teman untuk dibonceng, lalu cobalah melewati jalanan yang bergelombang. Apabila kondisi shockbreaker tidak nyaman, maka akan terdengar suara hentakan kasar ketika melewati jalan bergelombang.
“Itulah Cara Mengecek Kondisi Shockbreaker Motor yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kondisi suspensi pada motor. Tetaplah merawat komponen motor anda secara rutin agar terhindar dari kerusakan dan tetap awet digunakan dan jangan lupa selalu #cari_AMAN saat berkendara,” ujar Daniel Natanael Toghas selaku Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 1.
(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.