background img

ASTRA MOTOR KALTIM 1 BAGI TIPS BEDAKAN OLI YANG PALSU

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Seiring dengan peningkatan pemakaian jumlah kendaraan khusus sepeda motor berdampak para maraknya peredaran oli palsu di pasaran. Padahal oli sangat penting sebagai pelumas mesin sepeda motor.
Penggunaan oli palsu dapat berdampak negatif terhadap kondisi sepeda motor kedepannya jika terus menerus dikonsumsi.

Perlu diketahui akibat terlanjur menggunakan oli palsu, maka dampak yang ditimbulkan untuk kendaraan bisa berbahaya. Oli mesin yang seharusnya melumasi mesin malah tidak mampu bekerja dan merusak mesin akibat kualitasnya yang tidak standar atau palsu.

Vincent selaku Parts Supervisor Astra Motor Kaltim 1 membagikan tim untuk memberikan wawasan kepada pengguna kendaraan agar tidak terkecoh untuk membeli oli palsu yang dapat berdampak buruk pada kendaraan.
Menurut Vincent, ada tiga cara untuk membedakan oli asli dan yang palsu khusus merk AHM Oil untuk sepeda motor merek HONDA. Pertama, kode pengaman di tutup botol. Oli AHM asli memiliki kode pengaman yang sejajar dengan tutup botol, sedangkan yang palsu tidak sejajar atau bahkan tidak punya pengaman.

Kedua, cetakan kode pada bagian bawah botol. Yang asli memiliki 4 cetakan kode, sedangkan yang palsu kurang dari 4 atau tidak berjumlah 4.

Ketiga, jendela botol. Oli AHM asli memiliki jendela botol (untuk melihat isi di dalam botol) berukuran kecil, sedangkan yang palsu ukurannya lebar.

Lalu bagaimana Jika botol oli sudah terlanjur dibuka? Disini kita juga dapat mencium bau oli tersebut. Jika aroma yang tercium seperti bekas terbakar & tengik maka anda perlu waspada oli palsu. Oli asli memiliki aroma harum yang khas oli baru.

“Semoga tips tersebut dapat menambah wawasan teman-teman tentang pentingnya menggunakan oli asli dan edukasi product asli. Dan disarankan untuk membeli dan melakukan penggantian di jaringan AHASS dan toko resmi.” Ujar Vincent.

Sementara itu, salah satu pengguna sepeda motor, Iddo Natanael, yang berprofesi sebagai karyawan swasta mengatakan sebagai salah satu pengguna motor Honda diri lebih memilih untuk rutin servis dan ganti oli di AHASS agar lebih terjamin.

“Ketika ganti oli di AHASS saya mendapat antrian khusus di PIT Ganti Oli & PIT EXPRESS sehingga lebih cepat selesai. Di AHASS juga ada fasilitas booking servis sehingga tidak mengantri terlalu lama ketika servis motor di AHASS. Daripada repot-repot memilih dan memeriksa botol oli, lebih baik langsung ke AHASS saja karena sudah terjamin keasliannya”. ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *