background img

APBD PERUBAHAN 2022 NAIK MENJADI 3,2 TRILIUN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Balikpapan Tahun 2022 diproyeksikan mengalami kenaikan menjadi Rp 3,2 triliun.

“APBD murni itu kalau tidak salah Rp 2, 628 triliun. Dan di APBD Perubahan menjadi Rp 3,2 triliun. Jadi ada penambahan sekitar 640 miliar,” kata Pj Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin ketika diwawancarai di Balai Kota Balikpapan, Senin (2/10).

Kenaikan besaran APBD perubahan ini diperoleh dari Silpa atau selisih lebih realisasi penerimaan dan pengeluaran anggaran tahun sebelumnya, dan kenaikan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Alokasi penambahan anggaran ini, menurut Muhaimin, sebagian besar dialokasikan untuk pembayaran gaji yang hanya dialokasikan untuk 10 bulan dalam APBD murni hingga September ini. Dan juga anggaran BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang dianggarkan juga untuk 10 bulan di sekolah-sekolah. Dengan alokasi anggaran ini maka anggaran yang tersedia akan mencukupi hingga 13 bulan.

“Karena keterbatasan anggaran memang di APBD murni setiap OPD banyak dibayarkan hanya untuk 10 bulan, hingga September melalui APBD murni dan sisanya di bulan Oktober hingga hingga Desember itu dialokasikan melalui APBD perubahan, untuk Oktober sampai Desember sehingga pas saja,” ujarnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.